PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Makro

Resmikan 3 Gedung Kantor, OJK Memperkuat Peran di Daerah

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso (tengah) didampingi Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (kiri) meresmikan Gedung Kantor OJK Regional 4 Jawa Timur.

Surabaya, PMP – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meresmikan 3 gedung kantor OJK yakni  Gedung Kantor OJK Regional 4 Jawa Timur di Surabaya, Kantor OJK Purwokerto dan Kantor OJK Malang.

“Keberadaan kantor OJK di daerah sebagai upaya memperkuat peran dan fungsinya sebagai pengawas dan regulator lembaga jasa keuangan, pelindung konsumen sektor jasa keuangan, serta pendukung pemulihan ekonomi daerah,” kata  Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso saat meresmikan Gedung Kantor OJK Regional 4 Jawa Timur, Selasa (15/3/2022).

Kantor OJK di daerah memiliki peran yang strategis untuk dapat dengan segera mengoptimalkan program dan kebijakan yang ditujukan untuk menciptakan sumber ekonomi baru, meningkatkan intermediasi lembaga keuangan dalam mendukung pembiayaan, dan memberikan perlindungan bagi konsumen sektor jasa keuangan.

“Kantor OJK Regional 4 Jawa Timur ini akan memberikan ruang yang lebih luas bagi OJK dan sektor keuangan untuk dapat memberikan perannya dalam kontribusi meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jawa Timur,“ kata Wimboh.

Baca Juga :   OJK Regional IX dan Bank Kalsel Martapura Gelar Vaksinasi Massal Tahap III

Wimboh menerangkan dalam sambutannya bahwa untuk mewujudkan gedung-gedung kantor OJK di daerah ini, OJK tidak menunggu untuk diberikan tetapi mengupayakannya sendiri dengan dana yang berasal dari pungutan yang dikelola dan dioptimalisasi tanpa harus mengurangi kualitas penggunaan anggaran untuk pelaksanaan core function pengawasan sektor jasa keuangan.

Selama satu dasawarsa sejak OJK beroperasi, OJK telah memiliki 14 gedung kantor yang berada di Bandung Semarang, Palembang, Surabaya, Purwokerto, Solo, Yogyakarta, Mataram, Malang, Ambon, Pekanbaru, Makassar, Kendari dan Jayapura.

Dua gedung diantaranya merupakan hibah Pemerintah Provinsi dan 5 bidang tanah juga telah siap dibangun yaitu di Medan, Tasikmalaya, Jambi, Lampung dan Banjarbaru.

Gedung kantor OJK ini menonjolkan menara integritas yang komponennya terdiri dari lima garis vertikal yang menjulang tinggi yang menggambarkan lima nsila Pancasila dan lima nilai nilai strategis OJK yaitu Integritas, Profesionalisme, Sinergi, Inklusif, dan Visioner (INPRESIV).

Baca Juga :   Wali Kota Surabaya Beri Penghargaan OJK Regional 4 Jatim dan SRO Pasar Modal

Menara Integritas memuat komposisi elemen lima garis vertikal di bagian tubuh menara, mencerminkan OJK menjunjung tinggi Pancasila dalam kerangka NKRI. Sembilan garis vertikal dibagian kepala memiliki arti OJK dipimpin oleh sembilan orang Anggota Dewan Komisioner (ADK).

Selanjutnya, terdapat tiga garis merah yang kami sebut three red lines yang mengelilingi gedung ini pada puncaknya sebagai penanda dan pengingat serta penyemangat core functions OJK sesuai dengan Undang-Undang OJK yaitu mengatur, mengawasi dan melindungi konsumen Sektor Jasa keuangan.

“edung ini berkonsep terbuka dan merupakan gedung ramah lingkungan yang akan mendapatkan sertifikat Level Gold dari Green Building Council Indonesia (GBCI),” kata Wimboh.

Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah yang turut hadir dalam peresmian kantor OJK Regional 4 Jawa Timur ini  berharap di tengah format transformasi digital ilegal yang saat ini marak di masyarakat, OJK dapat semakin menunjukkan perannya untuk melakukan perlindungan konsumen serta semakin giat mengedukasi masyarakat.

Baca Juga :   Jangkau Lansia Non-Panti, Dinsos Jatim Operasionalkan Tujuh Mobil Ambulance

“Hadirnya kantor OJK Regional 4 Jawa Timur ini juga diharapkan dapat menjadi penguat seluruh proses perjalanan industri jasa keuangan di Jawa Timur, termasuk mempermudah akses keuangan daerah” ujar Khofifah.

Sementara Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia berharap OJK dapat meningkatkan kecerdasan keuangan masyarakat Jatim dalam memilih dan memilah dengan benar produk jasa keuangan, termasuk investasi dan pembiayaan. (nas)