PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Teknologi

IOH Dukung Pemberdayaan Komunitas Berkelanjutan di Mandalika dengan UCan dan Bima Kredit

IOH memberi bantuan modal pemberdayaan masyarakat komunitas Desa Kuta, Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Mandalika, PMP – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) merilis program pemberdayaan komunitas yang berkelanjutan di di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dan UMKM setempat melalui bantuan modal dari platform pinjaman digital IOH yaitu UCan (berkolaborasi dengan Bank QNB Indonesia) dan Bima Kredit (berkolaborasi dengan Maucash) pada Jumat (11/3/2022).

“Indosat Ooredoo Hutchison dengan senang hati turut mengambil peran dalam pemberdayaan komunitas dan UMKM lokal yang berkelanjutan di Mandalika untuk memaksimalkan potensi usaha dan pariwisata setempat dengan bantuan dan pelatihan usaha dari UCan dan Bima Kredit,” kata Director & Chief Regulatory Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah.

Turut hadir dalam acara tersebut  Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Firman Wijaya, Direktur Ekonomi Digital, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, I Nyoman Adhiarna.

Baca Juga :   IM3 Ooredoo Hadirkan Paket Freedom Internet 2,5GB Hanya Rp9.900

“Kami berharap semangat kami untuk bersatu untuk Indonesia dapat terus mendukung kemajuan Indonesia, khususnya melalui transformasi masyarakat dan ekonomi digital di seluruh Indonesia,” kata  Muhammad Buldansyah.

Program pemberdayaan komunitas yang berkelanjutan di Mandalika ini akan berlangsung selama 6 bulan ke depan, hingga September 2022, dengan menargetkan ratusan penerima manfaat.

Selain memberikan bantuan modal kepada usaha masyarakat setempat melalui UCan dan Bima Kredit, Indosat Ooredoo Hutchison juga memberikan pelatihan terkait literasi digital dan keuangan yang turut mencakup wawasan mengenai cara memanfaatkan pinjaman digital dengan baik.

Mendukung pemberdayaan dan aktivitas komunitas secara menyeluruh, Indosat Ooredoo Hutchison berupaya untuk melakukan peningkatan jaringan di kawasan Mandalika dengan mempersiapkan kapasitas layanan data hingga 1,5 Gbps serta melakukan optimalisasi pada sites setempat termasuk mengoperasikan Mobile BTS (MBTS) dengan multi-operator core network (MOCN) untuk pengalaman komunikasi terbaik di kawasan tersebut.

Baca Juga :   Pendapatan IOH Tumbuh 49,8% Menjadi Rp34,5 Triliun di Triwulan 3/2022

Upaya ini juga merupakan bentuk komitmen Indosat Ooredoo Hutchison dalam mendukung pemerintah untuk rangkaian pergelaran MotoGP Series 2022 di Mandalika.

“Kami berharap masyarakat dapat meningkatkan pemanfaatan jaringan telekomunikasi yang telah dibangun di kawasan ini dalam rangka pemulihan ekonomi pasca-Covid, mendukung kebangkitan usaha dan sektor pariwisata lokal, serta berkontribusi dalam mendukung perkembangan ekonomi digital Indonesia secara luas. Apa yang telah dilakukan oleh Indosat Ooredoo Hutchison dengan meningkatkan kapasitas bandwidth dan kesiapan BTS seluler untuk memenuhi demand data diharapkan dapat merealisasikan harapan-harapan ini,” papar Direktur Ekonomi Digital, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, I Nyoman Adhiarnan

Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah, mengatakan pembangunan itu tidak harus selalu identik dengan commodity center approach, indicated only by number, sejatinya pembangunan itu adalah pertumbuhan ekonomi yang disertai dengan perubahan dan merupakan proses besar untuk meng-upgrade kemampuan masyarakat.

Baca Juga :   Dukung Ibadah Haji Pelanggan, IOH Luncurkan Paket Komunikasi

“Atas nama Pemerintah Provinsi NTB dan atas nama Pemda Kabupaten Lombok Tengah mengucapkan terima kasih kepada Indosat Ooredoo Hutchison. Mudah-mudahan masyarakat kami betul-betul terbantu dengan hadirnya program seperti yang dilakukan ini,” kata Zulkieflimansyah.(nas)