PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Arumi Ajak Lansia Lebih Produktif dan Berdaya Guna

Jombang, PMP Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Arumi Bachsin Emil Dardak membuka program Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) di Pendopo Kabupaten Jombang pada Kamis (17/3/2022).

Program Selantang di Kab. Jombang ini merupakan yang ketiga setelah sebelumnya telah dibuka di Kota Pasuruan dan Kab. Malang.

Melalui program Selantang ini, Arumi, sapaan akrab Ketua TP PKK Jatim mengajak para lansia untuk menjadi lebih produktif dan berdaya guna, baik bagi keluarga maupun pembangunan bangsa. Menurutnya, memasuki usia lansia harusnya tidak menjadi penghalang untuk terus mencapai kesuksesan.

“Menua itu bukan sesuatu yang bisa kita hindari, tetapi kita bisa merencanakannya, salah satunya dengan Sekolah Lansia Tangguh ini,” ucap Ketua TP PKK Arumi.

Baca Juga :   Rahasia Arumi Bachsin Jaga Kesegaran Kulit Selama Puasa

Arumi juga menuturkan, selama ini sebagain besar orang sebelum menikah hanya merencanakan terkait pola asuh dan didik anak atau semacamnya. Sedangkan masih jarang yang telah melakukan perencanaan saat lansia nanti.

“Kita mau jadi lansia yang seperti apa nantinya. Mau Lansia yang mandiri, produktif, sehat, tidak pikun, jauh dari penyakit itu semua harus direncanakan,” tutur istri Wagub Jatim ini.

Dirinya bahkan juga mencontohkan kesuksesan beberapa tokoh yang diraih saat usianya tak lagi muda. Seperti Bupati Jombang Mundjidah Wahab hingga Perdana Mentri Malaysia Mahathir Mohamad yang di usianya masih aktif di pemerintahan.

“Jadi jangan remehkan lansia, bagaimana kita ingin berkontribusi dan berdayaguna itu tergantung pada apa rencana dan usaha yang kita lakukan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Manfaatkan Teknologi, Arumi Ajak UMKM Jaga Produktivitas

Di dalam program Selantang ini nantinya para lansia peserta akan menempuh waktu selama enam bulan, dengan pertemuan dua kali dalam satu bulan. Dengan total tiga tahap, yaitu Standard 1 sampai dengan 3.

“Pasti menyenangkan dan bermanfaat. Menambah skill menambah pergaulan. Sistem seperti ini saya yakin belum ada dimana-mana,” jelasnya.

“Semoga bisa menjadi lansia yang paripurna dan produktif bahkan bisa mengalahkan anak-anak muda,” pungkasnya. (nas)