PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Teknologi

IOH Luncurkan IDCamp 2022, Perbanyak Talenta Digital Bersertifikat Global

Peluncuran IDCamp 2022 di Jakarta.

Jakarta, PMP – Indosat Ooredoo Hutchison, meluncurkan IDCamp 2022 untuk menyiapkan masyarakat Indonesia menjadi talenta digital berkelas dunia dan mendukung terciptanya bangsa digital.

Tahun ini, IDCamp menargetkan lebih banyak penerima manfaat beasiswa coding online yaitu sebanyak 55 ribu peserta.

Pada acara ini juga dilangsungkan wisuda bagi peserta IDCamp 2021 yang diwakili oleh sepuluh lulusan terbaik.

Tahun lalu, program ini telah berhasil mencatatkan 46.025 peserta beasiswa coding online, dengan menghasilkan lebih dari 110 ribu total penerima manfaat sejak didirikan pada tahun 2019.

Dengan program yang ditingkatkan, IDCamp 2022 tidak memiliki batasan usia untuk peserta, lebih banyak kelas coding, dan lebih banyak roadshow yang menargetkan kampus serta acara komunitas developer secara virtual. Bootcamp untuk komunitas penyandang disabilitas juga dilakukan kembali untuk memajukan inklusivitas program dalam mewujudkan misinya menciptakan talenta digital bersertifikat global di seluruh negeri.

Baca Juga :   Hasil RUPST IOH Fokus Percepat Integrasi Berdayakan Indonesia

President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha, mengatakan Indosat Ooredoo Hutchison melihat IDCamp sebagai sarana untuk memberdayakan talenta digital masa depan. Salah satu program CSR di pilar Pendidikan Digital ini, juga bertujuan untuk mengatasi kekurangan talenta digital bersertifikat global di negara ini.

“Kami ingin menghadirkan kekuatan teknologi yang inklusif dan menyediakan serangkaian keterampilan digital yang diperlukan untuk para calon pemimpin masa depan yang akan berkontribusi pada ekonomi digital bangsa,” kata Vikram Sinha, Jumat (27/5/2022).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, Kemenparekraf berupaya meningkatkan digital talents Indonesia dengan berbagai program.

“Saya sangat mengapresiasi langkah Indosat dalam upaya menciptakan talenta-talenta digital berkualitas melalui program IDCamp yang telah terlaksana sejak tahun 2019. Saya ucapkan selamat atas kelulusan peserta IDCamp 2021 dan acara peresmian IDCamp 2022. Kami harap kegiatan ini selain dapat memunculkan talenta digital berkualitas, juga dapat memunculkan unicorn baru yang memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Sandiaga Uno.

Baca Juga :   IOH Lestarikan Mangrove untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Jembrana Bali

Dalam tiga tahun pertama pelaksanaannya, IDCamp berhasil mendapatkan 110.735 penerima manfaat, dengan hampir 30 ribu developer bersertifikat di seluruh program. Sebanyak 1.538 developer difabel, 22,1% developer wanita, 28% partisipan dari luar Jawa, dan 81% partisipan berusia 18-25 tahun.

Tahun ini, peserta IDCamp 2022 bisa mendapatkan sertifikat global dengan lima tingkat keahlian mulai dari basic, beginner, intermediate, expert, dan professional dalam 8 spesialisasi pemrograman, yaitu Android Developer, iOS Developer, Web Developer, Machine Learning Developer, Multi-Platform Apps Developer, Front End Developer, Back End Developer, UI/UX Designer, Data Analytic, dan Data Scientist.

Pendaftaran beasiswa coding online dibuka mulai hari ini, 27 Mei 2022, melalui idcamp.ioh.co.id. Setelah pendaftaran berhasil, peserta dapat langsung memulai pelatihan basic dan beginner hingga Agustus 2022.

Baca Juga :   IM3 Persembahkan Collabonation Tour, Rasakan Langsung Jaringan Baru IOH

Pelatihan tingkat intermediate akan dimulai pada bulan September hingga Desember 2022, sedangkan tingkat expert dan professional akan dimulai dari November 2022 hingga Februari 2023.

Selain pelatihan online, IDCamp 2022 juga akan menyelenggarakan roadshow virtual di kampus-kampus, virtual meet-up untuk developer 2022, rangkaian Developer Challenges, Bootcamp untuk Disabilitas, dan pelatihan untuk guru.

Peserta dapat memperoleh informasi terbaru melalui website resmi, Instagram @idcamp dan Facebook IDCamp Indosat Ooredoo Hutchison.

Peseta juga dapat menghubungi alamat email resmi idcamp@ioh.co.id untuk mengajukan pertanyaan lebih lanjut mengenai IDCamp 2022.(nas)