PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Sido Muncul Gelar Operasi Sumbing Bibir Gratis di Tangerang

Dire
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat bersama pasien operasi bibir sumbing gratis.(dok Sido Muncul)

Jakarta, PMP – Sebagai bentuk kepedulian perusahaan, PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk kembali menggelar baksos Operasi Sumbing Bibir Gratis bekerja sama dengan Smile Train Indonesia di RS Selaras, Cisauk, Tangerang.

“Bantuan diberikan untuk 40 pasien penderita sumbing bibir di wilayah Tangerang dan sekitarnya yang dilakukan secara bertahap setelah para pasien melakukan proses screening sehari sebelumnya,” kata Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat dalam rilis yang dikirim Jumat (12/8/2022).

Bantuan Operasi Sumbing Bibir senilai Rp280 juta diserahkan secara simbolis oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat kepada Country Manager and Program Director Smile Train Indonesia Deasy Larasati disaksikan Direktur PT Bintara Arnirah Saraswati selaku pemilik RS Selaras pada Sabtu (6/8/2022).

Baca Juga :   Sido Muncul Serahkan Bantuan Rp 720 Juta Buat Ahli Waris Awak KRI Nanggala-402

Irwan Hidayat mengatakan bahwa bantuan operasi sumbing bibir gratis bukan baru pertama kali dilaksanakan oleh Sido Muncul. Sido Muncul telah melakukan operasi sumbing bibir gratis sebanyak tujuh kali sejak tahun 2018 yang diselenggarakan di beberapa wilayah di Indonesia.

“Kami pernah melakukan baksos ini di RS ST Carolus Borromeus, Kupang Nusa Tenggara Timur sebanyak dua kali, RSUD Dolok Sanggul Sumatera Utara, RS Sari Asih Serang Banten, RSUD Surodadi Tegal, dan RSI Wonosobo Jawa Tengah. Total pasien yang telah dioperasi adalah 142 pasien” ujar Irwan Hidayat.

Hari ini lanjut Irwan, kami kembali memberikan bantuan bantuan untuk 40 pasien. Bantuan kami fokuskan bagi penderita yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Baca Juga :   Suplemen Kesehatan Kuku Bima Sido Muncul Gelar Operasi Sumbing Bibir Gratis di Bekasi

“Kami berharap operasinya berjalan dengan lancar agar pasien dapat kembali tersenyum dan dapat meningkatkan kepercayaan dirinya dalam bersosialisasi”, tambah Irwan

Bibir sumbing merupakan cacat bawaan lahir yang terjadi pada bagian bibir dan langit-langit. Celah tersebut bisa terdapat di tengah, kanan, atau kiri bibir. Selain di bibir atas, sumbing juga bisa terjadi pada langit-langit mulut.

Banyak faktor penyebab kasus ini yaitu kekurangan gizi pada tiga bulan pertama kehamilan dimana organ tubuh mulai terbentuk, kekurangan salah satu unsur mineral (Zn) yang terkandung dalam air yang diminum oleh ibu calon bayi, faktor keturunan, perkawinan keluarga dekat, dan lainnya.

Fakta menunjukan bahwa di Indonesia penderita sumbing bibir dan langit-langit kebanyakan berasal dari keluarga kurang mampu.

Baca Juga :   Sido Muncul Kembali Terima Proper Hijau dari KLHK

Para penderita bibir sumbing kerap menghadapi sejumlah kendala dalam menjalani kehidupan. Adapun kendala yang harus mereka hadapi mulai dari sulit mengonsumsi makanan, berbicara hingga pergaulan di tengah masyarakat.(nas)