PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Menteri Koperasi dan UKM Kunjungi Desa Nelayan Nambangan Perak Surabaya Bantu Solusi BBM Solar

Surabaya, PMP – Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki melakukan kunjungan kerja ke koperasi nelayan di Surabaya, yakni Koperasi Jasa Bahari Enam Empat (Koperasi Nelayan) yang terletak di Jalan Nambangan Perak No.51A Surabaya, pada Rabu (14/09/2022).

Dalam kegiatan tersebut Teten Masduki didampingi oleh Ahmad Zabadi, Deputi Perkoperasian berserta beberapa pejabat dari Kementerian Koperasi dan UKM.

Turut dihadiri oleh Executive General Manager Pertamina Patra Niaga region Jatimbalinus, Deny Djukardi , Direktur Small & Medium Business BRI, Amam Sukriyanto dan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah provinsi Jawa Timur, Andromeda Qomariah.

Dalam kunjungan tersebut Teten Masduki melakukan dialog dengan para nelayan dengan tujuan untuk mendorong penguatan kelembagaan koperasi nelayan guna peningkatan kehidupan nelayan yang lebih sejahtera.

Baca Juga :   Pertamina Serahkan Bantuan kepada Masyarakat Terdampak Banjir di Kalibaru Banyuwangi

Salah satunya melalui program SOLUSI Nelayan yang berarti Solar untuk Koperasi Nelayan melalui rencana pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN) bekerjasama dengan Pertamina Patra Niaga regional Jatimbalinus yang nanti nya SPBUN tersebut akan dikelola oleh Koperasi Nelayan Bahari Enam Empat di wilayah tersebut.

Hal tersebut sejalan dengan arahan dari  Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk meningkatkan taraf kesejahteraan nelayan yakni dengan memperkuat koperasi di sektor perikanan.

“Kementerian Koperasi dan UKM bersama dengan BRI dan Pertamina serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan bekerjasama untuk mendukung rencana pembangunan SPBUN dengan jenis BBM Solar di wilayah ini, tentunya dengan pengawasan bersama agar peruntukan solar untuk nelayan tersebut tepat sasaran,” ujar Teten.

Baca Juga :   Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Jamin Ketersediaan BBM di SPBU

“Pembelian Solar tersebut nantinya akan menggunakan sistem barcode dan harus terdaftar sebagai anggota Koperasi,” tambah Teten.

 

Sementara itu Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Deny Djukardi menyambut baik upaya peningkatan kesejahteraan nelayan melalui rencana pembangunan SPBUN yang akan dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM di desa Nelayan Nambangan Perak.

Deny menekankan bahwa Pertamina akan terus melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga penyalur seperti SPBUN agar penyaluran BBM khususnya Solar bagi nelayan dapat terpenuhi sesuai dengan peruntukannya.

“Kami dari Pertamina siap bekerjasama dengan para pihak untuk mendukung kelancaran penyaluran bbm ke nelayan, salah satunya melalui rencana pembangunan SPBUN di desa Nambangan Perak ini dan akan bekerjasama dengan Koperasi Bahari Enam Empat,” ujar Deny.

Baca Juga :   Pertamina Berdayakan UMKM Tuban dengan Energi Terbarukan PLTS

Deny berharap dengan program ini kebutuhan bbm nelayan dapat terpenuhi sehingga dapat semakin meningkat kesejahteraannya. (nas)