PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksMikro

Pertamina Dukung UMKM Bangkit untuk Jatim Bangkit

Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus mengikutsertakan mitra binaan dalam pamerakn UMKM Jatin Fest 2023.

Surabaya, PMP – Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menjalankan program kegiatan pemberdayaan bagi UMKM agar bisa mandiri dan naik kelas.

Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi melalui keterangannya, Jumat (20/10/2023) mengatakan Pertamina  sendiri telah banyak melaksanakan kegiatan pembinaan dalam upaya peningkatan perekonomian dan kemandirian. Mulai dari upskilling pelatihan, pameran, workshop hingga sertifikasi.

“Dalam menjalankan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan, Pertamina terus berupaya maksimal dari seluruh lini kegiatan, salah satunya lini sektor ekonomi,” kata Ahad.

Hal ini salah satunya terlihat dalam ajang Jatim Fest (kelanjutan dari Jatim Fair) menyambut Hari Jadi Provinsi Jawa Timur dengan tema Jatim Bangkit, Terus Melaju yang diselenggarakan pada tanggal 4-8 Oktober di Jatim Expo.

Jatim Fest 2023 ini digelar sebagai sarana promosi dan transaksi dagang langsung bagi pengusaha swasta, usaha kecil menengah dari para mitra binaan Pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten, BUMN/BUMD pelaksana TJSL maupun perajin UKM mandiri.

Baca Juga :   Direksi Pertamina Patria Niaga Tinjau Kesiapan Terminal BBM dan LPG Surabaya

Pameran ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk mempromosikan dan menampilkan inovasi unggulan pelayanan publik serta hiburan bagi semua lapisan masyarakat, menarik para buyers, traders dan investors dalam usaha memperluas jaringan pasar nasional maupun global.

Pameran Jatim Fest 2023 menampilkan beragam produk maupun layanan, sekaligus sarana penyampaian informasi, potensi, prestasi dan reputasi kinerja dari dinas, instansi, badan, BUMN, BUMD, kabupaten, kota dan provinsi di Jawa Timur maupun seluruh Indonesia, serta para pelaku usaha maupun industri yang meliputi produk perbankan, furniture & craft, produk kulit, fashion, peralatan rumah tangga, makanan dan minuman, produk kelautan, perikanan, dan pertanian, energi sumber daya mineral, bursa wisata, online / kosmetik dan herbal, industri kesehatan dan masih banyak lagi produk lainnya.

PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus mengikutsertakan enam mitra binaan unggulannya, Batik Cempaka, Japara Art Furniture, Namine, Tenoen Mojag, Safira Collection dan RH Batik Madura.

Dalam pemilihan mitra binaan UMKM, Pertamina menerapkan sistem bergilir dan bergulir, sehingga setiap mitra binaan dapat berkesempatan mengikuti ajang pameran dan pameran ini merupakan salah satu pintu bagi UMKM menuju naik kelas dan kesempatan untuk mendapatkan tawaran penjualan baik skala lokal, nasional bahkan internasional.

Baca Juga :   Kebakaran Balongan Tak Berdampak pada Pasokan dan Distribusi Energi Jatimbalinus

Dalam ajang ini, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menyabet penghargaan Stand Terbaik kategori Penggiat CSR Terbaik yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada penutupan pegelaran Jatim Fest 2023 (8/10).

Pemilik Namine, Tatik Nurhayati mengungkapkan dengan diikutsertakan kedalam pameran dirinya bisa lebih melebarkan sayap untuk memperkenalkan produknya kepada pasar, baik lokal, nasional dan harapannya kepada pasar internasional.

“Kami mengucapkan terimakasih sekali sebesar-besarnya pada Pertamina karena selama ini dibina dan diberi kesempatan untuk mengikuti pameran sehingga bisa mengembangkan kreatifitas  dan pengkayaan untuk produk Namine,” ujar Tatik

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya mengajak seluruh elemen strategis di Jawa Timur untuk terus memberikan penguatan lewat pendampingan untuk mendorong UMKM naik kelas.

Baca Juga :   Asah Keterampilan Siswa SMK, Pertamina Hadirkan MyPertamina Mechanical Competition di Kota Kediri

“PR kita berikutnya, yaitu bagaimana mendekatkan para pelaku UMKM dengan digital IT dan ekosistem digital lainnya. Saya mohon kepada semuanya yang memiliki kemampuan untuk melakukan pendampingan dan kemampuan untuk bisa mendorong tumbuh kembang UMKM agar cepat naik kelas,” ujar Khofifah.

Ahad Rahedi menerangkan, sebagai BUMN, Pertamina memiliki Program Tanggung Jawab Sosial,  salah satunya Program Pembinaan UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya diwujudkan dalam bentuk keikutsertaan pameran yang diselenggarakan dalam event Jatim Fest 2023 ini.

“Melalui program-program pembinaan UMKM dan semangat Energizing Your Future, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap mitra naik kelas dan Go Global”, ujar Ahad.(gdn)