PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksMakro

Fesyar Regional Jawa 2023 Ditutup dengan Bukukan Transaksi Rp 3,03 Miliar

Deputi Kepala Perwakilan BI Jatim Rizki E Wimanda dalam sambutannya di hari penutupan Fesyar Regional Jawa 2023 di Surabaya, Minggu (1/10).

Surabaya, PMP – Kegiatan Festival Ekonomi Syariah (Fesyar) Regional Jawa 2023 yang digelar di Surabaya resmi ditutup pada Minggu (1/10) dengan membukukan transaksi Rp3,03 miliar.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur Rizki E Wimanda menyampaikan jumlah pengunjung Fesyar Regional 2023 yang digelar secara offline di Grand Atrium Pakuwon Mall maupun virtual melalui Tautan FESyar Jawa 2023 di YouTube, dan kanal Instagram, telah mencapai total 163.940 pengunjung.

“Tentunya akan bisa bertambah mengingat yang online masih bisa dilihat hingga jangka panjang,” kata Rizki, mewakili Kepala BI Jatim, Doddy Zulverdi, Minggu (1/10).

Rizki menili  tingginya jumlah pengunjung menandakan minat masyarakat terhadap ekonomi syariah yang terus meluas.

Baca Juga :   Suku Bunga Acuan Juni 2021 Bertahan di Level 3,5%

Begitu pula dengan partisipasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Syariah juga mengalami peningkatan secara signifikan. Tercatat tahun ini jumlah peserta 200 UMKM Syariah yang berpartisipasi secara virtual dan 150 UMKM secara offline.

“Selama gelaran Fesyar Regional Jawa 2023 transaksi penjualan produk UMKM secara online dan offline mencapai Rp 3,03 miliar. Hal tersebut terhitung sejak dimulai Road to FESyar pada Maret 2023,” kata Rizki.

Lebih lanjut Rizki menyebut, pencapaian tersebut juga didukung adanya pelaksanaan premium showcasing dan perluasan jangkauan pasar melalui Digitalisasi.

Para pelaku UMKM dalam FESyar Regional Jawa 2023 serta para pengunjung yang hadir dan bisa mengikuti Busines Matching, jumlahnya juga meningkat.

Baca Juga :   Rapat Dewan Gubernur Putuskan BI 7-Day Reverse Repo Rate Tetap 3,50%

“Terlihat dari pelaksanaannya enam puluh sesi konsultasi, baik secara offline dan online dari sisi pembiayaan produktif,penjualan UMKM syariah di Jawa, serta business matching dengan bayer potensial baik dari dalam maupun luar negeri,” papar Rizki.

Pada FESyar Regional Jawa tahun ini, Rizki juga mengapresiasi seluruh Lembaga pembiayaan mitra Busines Matching yang berkomitmen melakukan konsultasi serta mendorong pengembangan Ekosistem Syariah di antaranya 8 Perbankan Syariah,15 Lembaga Ziswa dan 1 Bintek Syariah.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh kantor perwakilan bank indonesia di regional jawa atas partsipasi dan dukungan dalam penyelenggaraan kegiatan FESyar regional Jawa 2023,” papar Rizki.

Pihaknya juga berterima kasih kepada  penggiat ekonomi syariah serta seluruh mitra kerja, terkait dengan pengembangan ekosistem ekonomi syariah di wilayah Jawa atas kontribusi kesuksesan acara ini.

Baca Juga :   Koarmada II Terapkan Transaksi Pembayaran QRIS

Rizki menjelaskan FESyar Regional Jawa 2023 digelar secara offline di Surabaya mulai Jumat (29/9/2023).

Dalam acara yang digelar di atrium Pakuwon Mall Surabaya tersebut, tampil UMKM dan berbagai kegiatan terkait keuangan syariah.Kemudian di Sabtu (30/9/2023) malam, digelar tablig akbar di Masjid Agung Al Akbar Surabaya dengan menghadirkan Al-habib Syech bin Abdul Qodir as-Segaf.

Sedangkan penutupan hari terakhir FESyar di atrium Pakuwon Mall dimeriahkan dengan gelaran fashion show yang menampilkan busana muslim para desainer daerah yang juga menjadi keunggulan produk unggulan halal Indonesia untuk mendunia. (nas)