PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksJalan-jalanTren

Sido Muncul Gelar Festival Kuliner dan Jamu di Semarang Suguhkan Menu Favorit Tujuh Presiden RI

Direktur Sido Muncul Irwan Hdayat di ajang Festival Kuliner dan Jamu Kesukaan 7 Presiden RI di Pasar Semawis, Semarang, Sabtu (30/9/2023). Sido Muncul

Jakarta, PMP –  Pasar Semawis di Pecinan Semarang pekan ini dimeriahkan Festival Kuliner dan Jamu Kesukaan 7 Presiden RI yang diharapkan bisa jadi pertanda Kota Semarang bakal layak jadi pintu masuk wisata di Indonesia.

Sido Muncul dan Komunitas Pecinta Semarang untuk Pariwisata (Kopi Semawis) serta komunitas lainnya menggelar acara tersebut tiga hari, yakni pada 29 September hingga 1 Oktober 2023.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan Kota Semarang memiliki destinasi dan agenda wisata beragam. Kemudian muncul ide membuat acara yang menarik setelah sebelumnya melihat Wayang on the street di Kota Lama Semarang.

“Maka itu ini salah satu rangkaian di mana kami kepingin supaya wisata Semarang digalakkan. Ini ide tim Pak Harjanto (Ketua Kopi Semawis). Ini festival kuliner 7 Presiden RI. Mau saya cicipi sedikit-sedikit untuk menghormati para presiden,” kata Irwan di lokasi acara, Sabtu (30/9/2023) malam.

Jadi ada stand berjajar mulai dari stand Presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno atau Bung Karno yang makanan favorit yaitu Nasi Jagung, Rawon, Ayam Goreng Mentega, Sayur Asem, Sambal Rawon, dan Nasi Pecel Blitar. Di stand Bung Karno pengunjung bisa membeli dan mencicipi Nasi Pecel Blitar.

Baca Juga :   Iklan Terbaru Tolak Angin Sido Muncul Tampilkan Inspirasi 3 Wanita Hebat

Presiden kedua, Soeharto makanan favoritnya yaitu Ikan Bakar, Nasi Goreng, Sambal Bawang, Semur Lidah, Pindang Bandeng. Ada juga minuman Wedang Ronde. Kemudian menu yang bisa dibeli yaitu Sayur Lodeh, Tempe dan Tahu Bacem, Kemudian Tiwul.

Presiden ketiga BJ Habibie, yaitu ada makanan Ayam Goreng ala rumah makan Padang, Sup Ikan, Sangara Bandeng, dan Barongko. Minuman favorit ada Susu, jus Terong Belanda, dan jus Sirsak. Makanan yang bisa dibeli di stand BJ Habibie adalah Bubur Manado.

Untuk presiden keempat, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ternyata menyukai Gado-gado, Masakan Padang, Dendeng Batokok, Gulai Otak Sapi, Gulai Linpa, Jus Alpukat, Es Teh Tawar. Di stand Gus Dur pengunjung bisa membeli Kikil Jombang.

Berikutnya Presiden kelima, Megawati Soekarnoputri memiliki makanan favorit Bakmi Jowo, Ikan Bakar, Ayam Pop, Bothok Mlandhing. Pengunjung bisa membeli Nasi Goreng di stand Megawati.

Baca Juga :   Sido Muncul Ajak Puluhan Dokter Saksikan Proses Produksi Obat Herbal

Kemudian ada stand Presiden keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ada Ayam Kampung Goreng, Tahu Sumedang, Bakso Khas Sragen,, dan yang bisa dibeli di stand SBY yaitu Pecel Madiun.

Untuk presiden ketujuh, Joko Widodo (Jokowi) ternyata penggemar Terong Balado, Tempe Goreng, Ikan Teri, Ayam Goreng. Untuk minuman ada Temulawak dan Jahe Kunyit. Sedangkan makanan yang bisa dibeli pengunjung yaitu makanan favorit Jokowi berupa Sate Kere Solo.

Semarang  Pintu Masuk Wisata RI

Irwan menjelaskan dirinya ingin sekali Kota Semarang tidak hanya destinasi wisata, namun bisa jadi pintu masuk wisata di Indonesia, tidak hanya untuk Jawa Tengah. Banyak potensi wisata bisa digali karena sudah ada modal seperti Kota Lama, Pecinan, Kampung Melayu dan wisata alam lainnya.

“Saya dan teman-teman punya ide Semarang jadi kota wisata utama dan pintu masuk wisata ke seluruh Indonesia,” ujarnya.

Namun salah satu syarat agar terwujud yaitu adanya bandara yang bisa menampung pendaratan pesawat berbadan lebar. Sehingga penebangan internasional bisa dilakukan dan wisatawan dari mancanegara bisa datang.

Baca Juga :   Sido Muncul Gelar Operasi Sumbing Bibir Gratis di Tangerang

“Jadi orang bisa Singapura, China, US mampir ke sini kalau mau wisata, baru ke Bali daerah Jateng, Yogya, Solo. Syarat cuma satu, airport bisa didarati pesawat berbadan lebar,” jelasnya.

Sementara itu ketua Kopi Semawis, Harjanto Halim mengatakan Festival Kuliner dan Jamu Kesukaan 7 Presiden RI itu juga menjadi salah satu agenda wisata kuliner. Dengan acara itu setidaknya jelang pesta demokrasi, masyarakat Indonesia mengenal para Presidennya.

“Jadi pak Irwan minta kita adakan acara, kalau kinerja nusantara sudah banyak. Dan ini membuat masyarakat tahu ternyata makanan kesukaan presiden sangat merakyat, murah, tapi ndemenakake (memuaskan),” kata Harjanto.

Untuk mengetahui data makanan kesukaan tujuh presiden RI itu, Harjanto melakukan browsing internet, kemudian masukan rekannya yang pernah berinteraksi atau kenal dengan para presiden. Termasuk pengalamannya sendiri yang tahu makanan kesukaan presiden.

“Ya kita googling, kemudian ada masukan dari teman dan pengalaman mereka,” ujarnya. (nas)