PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Sehat Cantik Tren

Ini Lima Tip Sehat Jalani Kebiasaan Baru

Jogging
Jogging jaga tubuh tetap sehat.(halodoc.com)

Jakarta, PMP – Selain mencuci tangan, bermasker, juga menjaga jarak saat beraktivitas di luar rumah, masih ada beberapa tip agar tetap sehat dalam menghadapi kebiasaan baru di masa pandemi COVID-19.

“Ada beberapa tindakan yang perlu diperhatikan dan merupakan komponen penting dalam menghadapi era kebiasaan baru,” kata Susan Bowerman, Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Rabu (22/7/2020).

Berikut lima tip menurut Susan Bowerman:

  1. Persediaan Makanan Sehat.

Beberapa orang yang berbelanja memilih makanan siap saji atau instan agar bisa disimpan lebih lama, seperti mie instan, nugget ayam, kue, atau makanan ringan. Terbukti dari melonjaknya produk-produk tersebut. Meski sebagian orang tetap sadar pentingnya mengkonsumsi buah dan sayuran dalam menghadapi masa adaptasi kebiasaan baru ini.

  1. Mengingkatkan Konsumsi Protein.
Baca Juga :   JK Prediksi Positif COVID-19 Tembus 120 Ribu Pada 17 Agustus, Terserah Pemeritah

Protein sangat penting untuk tubuh dalam mendukung kesehatan tulang, otot, jaringan ikat dan rambut, selain tubuh membutuhkan protein untuk memproduksi protein khusus seperti antibodi, enzim dan hormon, jaringan tubuh, antibodi, enzim, serta banyak lainnya.

Makanan yang sesuai selera tidak selalu menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kebutuhan nutrisi harian sangat tergantung pada pilihan makanan yang dipilih dalam konsumsi sehari-hari.

  1. Meningkatkan Konsumsi Flavanoid.

Flavonoid merupakan kelompok senyawa bioaktif yang banyak ditemukan pada bahan makanan yang berasal dari tumbuhan, khususnya teh, cokelat, apel, beri dan anggur. Flavanol adalah antioksidan aktif dan memiliki manfaat lain termasuk mendukung kesehatan jantung dan fungsi kognitif tubuh.

Baca Juga :   Trump Bertengkar dengan Wartawan Keturunan China, Viral Tagar #StandWithWeijiaJiang

Saat ini semakin banyak perusahaan, termasuk Herbalife Nutrition, melakukan penelitian untuk menggabungkan flavanol dari kakao dan teh ke dalam makanan dan minuman sebagai suplemen tubuh.

  1. Tetap Berolahraga.

Banyak fasilitas olahraga dan taman ditutup atau tetap dibuka namun dengan akses terbatas. Orang-orang menemukan cara kreatif untuk tetap berolahraga yang efektif dan menyenangkan. Contohnya mengikuti kelas Yoga online, melakukan aktivitas naik-turun tangga, lompat tali, aerobik bersama keluarga di rumah untuk melepaskan kalori. Olah raga sederhana di rumah secara rutin dapat meregangkan dan memperkuat tubuh.

  1. Belajar Menghilangkan Stres.

Kegiatan sehari-hari sangat rentan stres. Masalah keluarga hingga pekerjaan bisa memicu stres. Apalagi efek pandemi dan ketidakpastian ekonomi berpotensi menyebakan stres luar biasa. Menjaga tingkat stres sama halnya menjaga tubuh dan jiwa.

Baca Juga :   Presiden Bolivia Jeanine Anez dan Tujuh Menteri Positif COVID-19, Ganggu Persiapan Pemilu

Perlu memberikan waktu bagi tubuh agar dapat rilek seperti melatih pernafasan melalui kelas yoga online, atau berjalan dan mengobrol dengan keluarga. Pandemi telah menyebabkan risiko stres meningkat, sehingga kita harus menemukan cara mengelola kecemasan yang dapat membantu menjaga kesehatan kita dan keluarga.(hps)