PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksNusantara

Workshop Online Faber-Castell Diburu Ribuan Siswa dan Orang Tua

Jakarta, PMP – Menggambar dan melukis menjadi kegiatan positif yang banyak dilakukan berbagai kalangan untuk menghilangkan kejenuhan selama periode karantina di masa pandemi COVID-19. Hal ini terlihat dari kunjungan  Faber-Castell Global yang mencatat peningkatan akses hingga 300% atas video tutorial dan materi pembelajaran lainnya.

“Menggambar, mewarnai dan melukis secara manual diatas kertas di percaya banyak penelitian dapat membantu mengurangi kecemasan, membantu daya ingat hingga kembali meningkatkan kreativitas. Kegiatan tersebut banyak dipilih oleh anak-anak dan para orang tua dalam rangka mengisi waktu selama karantina,” kata    Digital Marketing Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Martin Sori Tjukrono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/8/2020).

Martin mengatakan adanya pembatasan dalam upaya pencegahan penyebaran virus corona , berimbas diberhentikannya sejumlah kegiatan, diantaranya  dengan belum diperbolehkannya kegiatan tatap muka di sekolah. Sekaligus, kondisi yang dihadapi oleh para orang tua dan lansia, yang harus menyendiri karena menghindari kunjungan dalam rangka pencegahan penularan COVID-19.

Baca Juga :   260 Tahun Lahirkan Generasi Kreatif, Faber-Castell Kian Fokuskan Media Digital

“Dalam kondisi tersebut banyak diantara kita yang mencoba meredakan ketidakpastian tersebut melalui  beragam kegiatan positif, salah satunya adalah menggambar dan melukis. Anak-anak dan orang tua / lansia mungkin merupakan salah satu kategori umur yang sangat terdampak dengan adanya pembatasan tersebut, ungkap Martin Sori Tjukrono.

Sama seperti dengan tren yang terjadi di Faber-Castell Global, Martin menjelaskan bahwa selama periode Mei hingga Agustus ini Faber-Castell Indonesia, melalui Youtube Faber-Castell Creative Kids mencatat memiliki penonton hingga 302,600. Pencapaian tersebut mengalami peningkatan jumlah pengguna 851 orang dan dengan total jam menonton mencapai 4.500 jam.

Selain itu, materi pembelajaran kreatif yang berada di laman www.Faber-Castell.Co.Id juga telah di unduh sebanyak 7.100 kali hingga saat ini.

Baca Juga :   Faber-Castell Raih 10 Perhargaan Top Brand 2020

Martin menambahkan bahwa saat ini, Faber-Castell terus menghadirkan program-program workshop kreatif secara virtual, dengan beragam materi serta melibatkan pemateri baik nasional maupun mancanegara yang diperuntukan untuk pribadi atau kelompok/sekolah. Jadwal kegiatan workshop tersebut dapat dilihat melalui laman www.Faber-Castell.Co.Id maupun sosial media Instagram @fabercastell_id atau facebook @fabercastellcreativekids.

Sementara itu, Praktisi Art Therapy Adi Chandra, M.Psi., Psikolog.,CGI menilai tren yang dialami oleh Faber-Castell sangatlah wajar dan sesuai dengan nilai yang memang ada di setiap insan manusia. Pada dasarnya manusia ingin  menciptakan sesuatu atau berkarya sesuai kapasitasnya masing-masing atau created to create.

Proses eksplorasi perasaan dan pikiran, reality testing, penyelesaian konflik emosional, dan pengembangan kemampuan sosial, mengurangi kecemasan serta meningkatkan self esteem hanya bisa didapatkan melalui kegiatan berkesenian.

Baca Juga :   Meriahkan Natal dan Tahun Baru Bersama Creative Art Series

“Kegiatan seni menggambar memiliki banyak nilai lebih. Karenanya jangan berhenti berkreasi di era kebiasaan baru,” pungkas Adi. (hps)