PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksMikro

Buka Akses Pasar, Pertamina Ikutkan 24 Mitra Binaan di Jatim Fair 2020

Pengunjung Jatim Fair 2020 menyerbu kerajinan batik produksi mitra binaan Pertamina MOR V di Grand City Convention & Exhibition Hall, Surabaya, Kamis (22/10/2020).

Surabaya, pmp  – PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus mengikutsertakan 24 mitra binaan ke Jatim Fair 2020 yang mulai digelar di Grand City Convention & Exhibition Hall, Surabaya, Kamis (22/10/2020).  Langkah ini merupakan salah satu bentuk kemudahan akses pemasaran yang diberikan Pertamina kepada mitra binaan.

“Program Kemitraan sendiri merupakan program untuk meningkatkan kemampuan UMKM menjadi mitra Pertamina yang tangguh dan mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar wilayah area operasi Pertamina,” ujar Ahad Rahedi, Pjs. Unit Manager Communication & CSR MOR V Jatimbalinus.

Pemilik She Batik, Fanny Dinata, salah satu mitra binaan Pertamina peserta Jatim Fair 2020,  sangat berharap pameran ini dapat membawa dampak yang positif.

Baca Juga :   Pertamina Perluas Uji Coba Penerapan Solar Subsidi di Delapan Kota/Kabupaten di Jatim

“Setelah ikut menjadi mitra binaan Pertamina, per bulan kami bisa mendapatkan 50 – 100 Juta/bulan. Semoga kedepannya juga dalam binaan Pertamina dapat mengikuti pameran baik nasional maupun internasional,” ujar Fanny.

Tidak hanya Fanny yang bergerak di bidang batik, pada Jatim Fair 2020 ini, Pertamina juga mengikutsertakan UMKM unggulan lain, seperti yang bergerak di usaha sepatu, furniture dan kerajinan dari jati, makanan dan minuman herbal, dan aksesoris.

Selain akses kepada pemasaran, Pertamina juga memberikan akses permodalan dan akses kompetensi kepada mitra binaannya. “Akses permodalan yaitu menyalurkan pinjaman modal dengan jasa administrasi yang sangat ringan, yang akan dikembalikan kepada mitra binaan itu sendiri melalui pelatihan dan upskilling untuk akses kompetensi,” tambah Ahad.

Baca Juga :   Pertamina Patra Niaga Pantau Stok SPBU, Pastikan Penyaluran BBM Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Dalam akses permodalan, Pertamina sampai dengan Oktober ini telah menyalurkan bantuan permodalan sebesar lebih dari Rp14M kepada mitra binaan yang tersebar di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Pameran tersebut selain diadakan di Grand City, juga dilaksanakan secara virtual. Sama halnya dengan Pertamina dalam akses kompetensi, Pertamina dalam masa Pandemi COVID-19 tetap melakukan sosialiasi dan pelatihan kepada mitra binaan secara digital dengan melaksanakan webinar  yang bekerjasama dengan salah satu radio di Jawa Timur dengan menghadirkan narasumber atau praktisi di bidang UMKM.

“Kami harap dengan adanya Program Kemitraan ini, dapat menumbuhkembangkan UMKM agar menjadi lebih tangguh dan mandiri, serta berdampak langsung untuk Pemulihan Ekonomi Nasional,” tutup Ahad. (hps)