PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Makro

Pertamina Bentuk Satgas Amankan Distribusi Energi Selama Natal dan Tahun Baru 2021

Surabaya, pmp  –  PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) V Jatimbalinus membentuk Tim Satuan Tugas (Satgas) Pemantauan Kelancaran Penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) pada 7 Desember 2020. Bertugas memastikan ketersediaan dan penyaluran energi aman selama hari raya Natal dan Tahun Baru 2021.

“Guna mengantisipasi peningkatan permintaan BBM dan LPG selama Natal dan Tahun Baru, jika diperlukan, penyaluran BBM maupun LPG akan ditambah sesuai perkiraan kebutuhan yang sudah diperhitungkan. Sementara untuk produk subsidi dan penugasan dari pemerintah tentunya disesuaikan dengan kuota yang sudah ditetapkan,” kata CD Sasongko, Executive General Manager Pertamina MOR V Jatimbalinus, saat jumpa pers daring, Senin (21/12/2020).

Menurut Sasongko, pembentukan Tim Satgas dilakukan mengingat tren setiap tahunnya menunjukkan kebutuhan masyarakat akan BBM dan LPG saat Natal dan Tahun Baru cenderung meningkat. Dia memastikan pasokan BBM dan LPG saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Baca Juga :   Saat Natal Direksi dan Komisaris Pertamina Inspeksi SPBU dan Terminal BBM

Konsumsi BBM-LPG Meningkat

Satgas Natal dan tahun baru 2021 memprediksi, konsumsi BBM jenis Gasoline (Pertamax Turbo, Pertamax, Pertalite, Premium) diprediksi mengalami peningkatan sebesar 5,1% dibandingkan konsumsi harian normal, yaitu dari 16.982 Kilo Liter (KL) menjadi 17.850 KL. Sementara untuk konsumsi BBM jenis Gasoil (Dex, Dexlite, Biosolar) diprediksi mengalami penurunan sebesar 4,1% dari konsumsi harian normal, yaitu dari 7.520 KL menjadi 7.210 KL.

Sementara konsumsi harian LPG 3 kg bersubsidi di Jawa Timur diperkirakan meningkat sebanyak 6%, dari 4.110 Metrik Ton (MT) menjadi 4.360 MT. Untuk wilayah Bali, konsumsi LPG 3 kg bersubsidi diperkirakan akan bertambah sebanyak 4% dari 630 MT menjadi sebanyak 660 MT. Demikian halnya wilayah NTB dan NTT, konsumsi harian LPG 3 kg bersubsidi akan meningkat sebanyak 9% dari 350 MT menjadi 380 MT.

Sementara untuk produk LPG BrightGas nonsubsidi, secara total di wilayah Jatimbalinus diprediksi mengalami peningkatan 10% dibandingkan rata-rata konsumsi harian normal, yaitu 240 MT menjadi 260 MT per hari.

Baca Juga :   Ekonomi Membaik, Permintaan BBM di Jawa Timur Naik 12%

Menurut Sasongko, kenaikan disebabkan mulai kembali maraknya aktivitas ekonomi masyarakat, UKM, pusat perbelanjaan yang sempat terhenti akibat pandemi COVID-19, serta ramainya aktivitas persiapan masyarakat jelang Natal dan Tahun Baru.

“Itu menjadi pendorong utama naiknya konsumsi BBM jenis Gasoline dan konsumsi LPG sektor rumah tangga. Kondisi ini sudah kami antisipasi, kami telah menyiapkan proyeksi penyaluran fakultatif terutama wilayah yang menjadi tujuan mudik dan tujuan wisata untuk disalurkan menjelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021,” tambah Sasongko.

Protokol Kesehatan Ketat

Menjelang Natal dan Tahun Baru 2021, Pertamina menyiagakan 1.386 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di seluruh wilayah Jatimbalinus, dengan tambahan sarana pelayanan berupa empat titik Kiosk Pertamax dan Pertamina Dex kemasan, empat titik Kiosk Modular di rest area yang tidak terdapat SPBU, 62 titik Pertamina Delivery Service (PDS) yang disebar di seluruh wilayah dan exit tol, serta 16 SPBU kantong yang standby mengirim produk BBM dalam waktu singkat.

Baca Juga :   Pertamina Salurkan 19.600 Perlengkapan Kesehatan Buat Pemkot Surabaya

Terkait pelayanan kebutuhan LPG, Pertamina Jatim Balinus menyiagakan 501 titik agen dan 5.079 titik pangkalan LPG 3 kg yang akan tetap buka dan melayani masyarakat di hari libur, ditambah 100 agen dan 1.178 pangkalan LPG BrightGas yang juga disiagakan memenuhi kebutuhan energi masyarakat.

Pertamina juga terus berupaya mencegah penyebaran COVID-19 dengan memberlakukan protokol kesehatan di lingkungan fasilitas operasional SPBU, agen dan pangkalan LPG.

Pertamina juga menghimbau seluruh pelanggan setia untuk memilih bertransaksi secara contactless payment melalui aplikasi MyPertamina yang dapat diunduh melalui apple store atau google playstore.

“Harapan kami, masyarakat dapat merayakan Hari Raya Natal dan Tahun Baru dengan nyaman dan aman bersama keluarga. Apabila masyarakat membutuhkan informasi produk dan layanan Pertamina, dapat langsung menghubungi Call Center Pertamina 135,” tutup Sasongko.(hps)