PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksIndustri

Solidaritas ‘Perwira’ Pertamina Penyintas COVID-19 Berdonor Plasma Buat Indonesia

 

Pertamina DPK
Solidaritas tinggi dari para Perwira Pertamina Penyintas COVID-19 untuk membantu sesama. (Humas Pertamina)

Surabaya, pmp – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region Jatimbalinus mengajak para Perwira, sapaan khas mereka bagi karyawan Pertamina, yang merupakan penyintas COVID-19 untuk berbagi buat sesama melalui kegiatan Donor Plasma Konvalesen (DPK) sebagai bentuk kepedulian di masa pandemi COVID-19.

Menurut dr Siti Arum Alia, Area Manager Medical Pertamina MOR Jatimbalinus, kegiatan DPK yang digelar di Palang Merah Indonesia, Jl Embong Ploso, Surabaya, Jumat (29/1/2021), merupakan peran serta Pertamina Jatimbalinus menyukseskan Gerakan Nasional DPK yang dicanangkan pemerintah pada 18 Januari 2021.

“Transfusi Plasma Konvalesen merupakan salah satu terapi bagi pasien COVID-19 sebagai upaya meningkatkan angka kesembuhan dan menekan angka kematian dari COVID-19. Untuk itu diperlukan kerja sama dan solidaritas yang tinggi dari para Perwira Pertamina Penyintas COVID-19 untuk membantu sesama,” ujar dr Arum.

Baca Juga :   Satgas Pertamina Amankan Kenaikan Kebutuhan Energi Jatimbalinus Selama Liburan Akhir Tahun

Kegiatan DPK diinisiasi Fungsi Medical Pertamina MOR Jatimbalinus bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah PMI Surabaya.

“Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka Bulan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) yang selalu diperingati setiap tahunnya pada tanggal 12 Januari,” tambah dr Arum.

Sesuai Nilai Harmonis

CD Sasongko, Executive General Manager Pertamina MOR Jatimbalinus mengungkapkan, sebagai BUMN yang menjunjung tinggi nilai AKHLAK atau Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif, Pertamina selalu berusaha bersama masyarakat aktif memberi semangat demi membangkitkan negeri dari pandemi COVID-19.

“Sesuai dengan nilai Harmonis, kami mengajak Perwira Pertamina Penyintas COVID-19 untuk dapat saling berbagi bersama dengan masyarakat yang membutuhkan untuk berjuang melawan pandemi COVID-19 dan kembali menggerakkan roda perekenomian nasional,” ujar Sasongko.

Baca Juga :   Pertamina Salurkan Lagi Rp 3,5 M Bantuan Modal UMKM di Triwulan IV 2020

Kegiatan DPK bagi Perwira Pertamina tentunya melalui Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku di perusahaan.

“Seluruh personil yang terlibat pada kegiatan donor ini sudah dilakukan screening terlebih dahulu dan calon pendonor dinyatakan sehat serta memenuhi kriteria untuk donor plasma konvalesen,” tambah dr Arum.

Sebanyak 35 pendonor plasma berpartisipasi. “Jumlah ini kami harapkan dapat membantu masyarakat dan tenaga kesehatan yang masih membutuhkan plasma konvalesen dalam penanganan COVID-19,” ungkap dr Arum.

Kegiatan DPK kali ini bukan kali pertama dilaksanakan Pertamina MOR Jatimbalinus karena sudah pernah dilaksanakan bersamaan donor darah rutin pada 1-2 Desember 2020.

Sejak awal pandemi Pertamina MOR Jatimbalinus sudah melakukan pendataan terhadap para penyintas COVID-19 untuk dimasukkan ke daftar calon pendonor plasma konvalesen. Selain itu beberapa dari daftar penyintas COVID-19 juga secara mandiri telah melaksanakan donor plasma secara rutin.

Baca Juga :   Dampak Gempa Blitar, Pertamina Pastikan Sarana dan Fasilitas Distribusi Energi Jatim Aman

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian serta mengurangi angka kematian yang disebabkan oleh COVID-19.

“Semoga antusiasme para Perwira tidak surut dan kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan” pungkas dr Arum.(hps)