PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksNusantara

Menhub Tugaskan Jasa Raharja dan Sriwijaya Air Segera Penuhi Hak Keluarga Korban SJ-182

JT-182
Menhub tinjau titik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182. (Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub)

Jakarta, pmp  – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi  telah menugaskan Jasa Raharja, Dirjen Perhubungan Udara dan Sriwijaya Air untuk segera melakukan langkah-langkah pemenuhan hak keluarga korban berupa santunan sesuai ketentuan.

“Saya menugaskan kepada Jasa Raharja, Dirjen Perhubungan Udara dan Sriwijaya Air untuk mengambil langkah lanjut dengan menginventarisasi keluarga korban untuk memberikan apa yang menjadi hak dari korban dan keluarga korban,” kata Menhub Budi di Posko Tim SAR, Dermaga Jakarta International Cargo Terminal 2 (JICT) Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, seperti dirilis portal Kemenhub, Minggu sore (10/1/2021).

Menhub memastikan pihak-pihak terkait telah melakukan pertemuan dengan sejumlah keluarga korban untuk pendataan.

“Inshaallah hari ini sudah dilakukan pertemuan. Besok kita akan lakukan pertemuan lagi, dan menurut laporan Jasa Raharja sudah mengidentifikasi dan juga Sriwijaya sudah turut serta dalam proses itu dan sudah menyediakan tempat penginapan bagi keluarga korban yang tinggal di luar kota,” papar Menhub.

Baca Juga :   Flightradar24.com Laporkan Sriwijaya Air SJ-182 Sempat Capai Ketinggian 10.900 Kaki

Titik Lokasi Ditemukan

Pencarian lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang dilakukan sejak Sabtu (9/1/2021) telah menemukan  titik terang. Titik lokasi telah ditemukan oleh tim pencarian dan pertolongan gabungan dari unsur Basarnas, TNI, Polri, Kementerian Perhubungan dan stakeholder terkait lainnya pada Minggu (10/1/2021).

“Pencarian adalah satu kegiatan yang tidak mudah. Tetapi rekan-rekan dari Basarnas, TNI, Polri dan stakeholder lainnya bahu-membahu melakukan kegiatan ini dengan baik, sehingga kami bisa temukan lokasinya hari ini,” jelas Menhub saat jumpa pers di Posko Tim SAR.

Pada Minggu pagi, Menhub bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah menuju titik lokasi jatuhnya pesawat dengan menggunakan KRI John Lie 358. Menhub menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh tim gabungan yang telah terlibat dalam kegiatan pencarian dan pertolongan.

Baca Juga :   Khofifah Sampaikan Belasungkawa Kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182
JT-182
Menhub dan Panglima TNI pimpin langsung pencarian Sriwijaya Air JT-182 (Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub)

Sementara Panglima TNI mengatakan, seluruh jajaran TNI mendukung Basarnas dalam upaya pencarian hingga titik lokasi jatuhnya pesawat telah ditemukan.

Panglima menyampaikan TNI akan terus melakukan upaya menemukan seluruh korban, bagian pesawat, juga kotak hitam atau black box pesawat.

Panglima TNI menyampaikan sinyal yang ditangkap oleh KRI Rigel diduga kuat sinyal dari kotak hitam pesawat yang sedang dicari. TNI bersama Tim Gabungan tengah menyiapkan rencana pengangkatan potongan besar pesawat dengan menggunakan kapal yang memiliki crane untuk mengangkut benda besar.

Sementara Kepala Basarnas Bagus Puruhito menyampaikan, Tim SAR Gabungan telah menemukan sejumlah serpihan pesawat, dan body part manusia yang selanjutnya akan dikumpulkan dan diserahkan kepada Tim DVI Polri dan KNKT untuk dilakukan investigasi lebih lanjut. Tim SAR Gabungan akan terus berkerja hingga proses pencarian dinyatakan selesai.

Baca Juga :   Para Korban SJ-182 Berasal dari 24 Daerah, Menhub Janjikan Pencarian Maksimal

Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, Tim KNKT yang menggunakan Kapal Baruna Jaya IV telah merapat ke KRI Rigel yang berada di titik lokasi jatuhnya pesawat, guna melakukan pencarian kotak hitamdengan mengunakan unit ping locater finder.

KNKT menyiapkan tiga unit Ping Locater Finder dan alat pendeteksi objek di bawah laut yang ada pada Kapal Baruna Jaya IV miliki Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi atau BPPT.(gdn)