PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksWow

Perkenalkan Lucian Zbarcea, Warga Rumania yang Aktif Perkenalkan Gamelan di Bukares

Lucian Zbarcea gamelan
Lucian Zbarcea mulai belajar gamelan sejak jadi mahasiswa ISI Denpasar. (KBRI Bukares)

Jakarta, pmp – Lucian Zbarcea (37), warga negara Rumania yang menikahi WNI asal Bali Made Pradnyani Dewi, aktif memperkenalkan alat musik tradisional Indonesia gamelan di Bukares dan Rumania. Lucian tampaknya terlanjur jatuh cinta pada gamelan.

Lucian Zbarcea merupakan alumni Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar jurusan seni musik. Pada tahun 2006, dia lolos seleksi program darmasiswa yang diinisiasi Indonesia untuk belajar di ISI Denpasar.

Saat ini selain aktif sebagai dosen Fakultas Seni Musik di Universitas Musik Nasional Bucharest atau Universitatea Națională de Muzică București (UNMB), Lucian bersama isteri dan murid-muridnya aktif memainkan gamelan di berbagai pertunjukan musik di Rumania.

Lucian Zbarcea gamelan Bali
Lucian bersama para muridnya berlatih memainkan gamelan di Universitas Musik Nasional Bukares. (KBRI Bukares)

Pada tahun 2021 ini merupakan tahun kedua program gamelan dipelajari di UNMB, yakni mempelajari gamelan Bali dengan peminat mencapai lebih dari 50 mahasiswa. Sementara pada tahun pertama 2020, Lucian memperkenalkan gamelan Jawa kepada para siswanya.

Baca Juga :   RI Bantu Palestina Rp 32,1 Miliar, Menlu Al-Maliki Berterima Kasih atas Dukungan Tiada Henti

Keberadaan program gamelan bisa terealisasi setelah pada tahun 2019 KBRI Bukares meminjamkan tiga perangkat gamelan untuk diusung ke UNMB, yakni gamelan Jawa, gamelan Bali dan gamelan Bali dari bambu.

“Alhmdullillah berkat bantuan Pak Dubes M Amhar Azeth, para mahasiswa kami di Fakultas Seni Musik UNMB bisa belajar gamelan secara langsung,” kata Lucian.

Lucian Zbarcea gamelan
Antusiasme mhasiswa membuat Lucian makin bersemangat perkenalkan gamelan ke masyarakat Rumania.

Seperti dirilis Kemenlu.go.id, Lucian dan Made Pradnyani Dewi bercita-cita terus memperkenalkan musik gamelan secara luas ke masyarakat Rumania.

“Antusiasme mahasiswa yang sangat tinggi membuat saya semakin bersemangat melanjutkan misi memperkenalkan gamelan ini lebih luas di Rumania,” kata Lucian.

Pihak KBRI Bukares juga berkomitmen terus mendukung Lucian, termasuk mendukung berbagai upaya memperkenalkan kebudayaan Indonesia yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia maupun para Indonesianis. Promosi kebudayaan yang aktif akan meningkatkan people-to-people connection yang bermanfaat bagi kedua negara. (gdn)