PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksPolkam

RI Bantu Palestina Rp 32,1 Miliar, Menlu Al-Maliki Berterima Kasih atas Dukungan Tiada Henti

‘Walk for Peace and Humanity’
‘Walk for Peace and Humanity’ atau Jalan bersama untuk Kemerdekaan Palestina yang digelar Kemenlu di Jakarta, diikuti Menlu Retno dan Menlu Palestina Riyad Al-Mailki, Minggu 14 Oktober 2018. (dok Kemenlu RI)

Jakarta, pmp – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan Indonesia berkomitmen membantu Palestina senilai 2,3 juta dolar AS atau sekitar Rp 32,1 miliar untuk penanggulangan COVID-19. Menlu juga menegaskan kembali dukungan Indonesia buat perjuangan rakyat Palestina.

“Dan kami berharap dana bantuan penanggulangan COVID-19 di Palestina bisa dicairkan pada semester I tahun ini,” kata Menlu Retno saat pernyataan pers secara daring seperti dikutip Antara bersama Menlu Palestina Riyad Al-Maliki di Amman, Yordania, Rabu (10/2/2021).

Menurut Menlu Retno, bantuan akan disalurkan melalui mekanisme bilateral maupun lewat Badan Bantuan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC).

Menlu Retno yang ditunjuk menjadi ketua bersama program pengadaan vaksin global COVAX AMC Engagement Group, menyorot pentingnya memastikan akses dan distribusi vaksin yang adil dan merata termasuk bagi warga Palestina.

Baca Juga :   Menlu Retno: Indonesia Maksimal Bantu Perjuangkan Hak-Hak Rakyat Palestina

Tegaskan Dukungan RI buat Palestina

Selain mengumumkan komitmen bantuan Indonesia, Retno juga menegaskan kembali dukungan Indonesia untuk perdamaian Palestina yang dapat dicapai melalui negosiasi dengan Israel.

Menurut Menlu Retno, dukungan Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina akan selalu didasarkan pada Resolusi Dewan Keamanan PBB dan parameter yang disepakati secara internasional, termasuk solusi dua negara.

“Pembicaraan dan negosiasi damai harus dilanjutkan secepatnya dan Indonesia siap untuk berkontribusi,” tutur Retno.

Menlu Palestina memuji kunjungan luar negeri yang pertama kali dilakukan Menlu RI ke Yordania, termasuk bertemu dirinya.

“Saya tahu ini tidak mudah, terutama di saat pandemi COVID-19, tetapi anda mengambil keberanian dan komitmen untuk berkunjung,” ujar Menlu Palestina Riyad Al-Maliki.

Baca Juga :   Indonesia Sukses Desak DK PBB Nyatakan Ilegal Pemukiman Israel di Palestina

Menlu A-Maliki menyampaikan terima kasih atas dukungan tak henti dari Indonesia bagi negara dan rakyat Palestina dan kedua negara akan terus bekerja sama mengembangkan hubungan bilateral serta memajukan perdamaian dan keadilan untuk Palestina. (els)