PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Pendaftaran SNMPTN Ditutup Kamis, Khofifah Harap Jatim Tetap Lolos Terbanyak

Khofifah SNMPTN
Khofifah berharap Jatim kembali raih prestasi provinsi dengan siswa paling banyak lolos PTN seperti 2019 dan 2020. (Humas Pemprov Jatim)

Surabaya, pmp – Pendafataran  Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) bakal ditutup Kamis 24 Februari 2021. Gubernur Khofifah Indar Parawansa berharap Jawa Timur dapat kembali meraih prestasi sebagai provinsi dengan siswa paling banyak lolos Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seperti tahun 2019 dan 2020.

Sebanyak 85 PTN di Indonesia siap menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022 melalui jalur SNMPTN yang pendaftannya telah dibuka sejak Senin 15 Februari, baik universitas, universitas islam, institut dan sekolah tinggi negeri. Pendaftaran dilakukan secara online melalui akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

“Kita berharap prestasi yang diraih pada tahun 2019 dan 2020, di mana Jawa Timur menjadi provinsi dengan siswa paling banyak lolos perguruan tinggi negeri melalui jalur SNMPTN dapat kita raih kembali tahun ini,” kata Gubernur Khofifah, Senin (22/2/2021).

Baca Juga :   Khofifah Tinjau Longsor Nganjuk, 14 Korban dari 21 Orang Hilang Telah Ditemukan

Dia mengimbau siswa-siswi kelas XII pada jenjang pendidikan SMA, SMK maupun MA segera mendaftarkan diri.

“Kepada para kepala sekolah agar dapatnya memfasilitasi dan mengawal proses pendaftaran siswa-siswinya untuk masuk PTN melalui jalur SNPTM ini,” tambahnya..

Gubernur mengimbau para siswa agar memilih PTN dan jurusan yang tepat sesuai minat dan kemampuan. Sementara para orang tua siswa diharap memberikan motivasi serta pendampingan dalam proses pendaftaran anak-anaknya untuk masuk PTN

Wahid Wahyudi, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menjelaskan, SMA dan SMK Negeri dan Swasta di Jawa Timur sudah sejak awal mempersiapkan diri mengikuti proses pendaftaran SNMPTN 2021 dengan melakukan sosialisasi kepada siswa dan orang tua.

Baca Juga :   Blusukan Kampung Gang Kelinci, Khofifah Borong Sayur dan Lauk Pauk

“Seluruh SMA atau SMK di Jawa Timur mulai 4 Januari 2021 telah memfasilitasi siswa-siswinya yang kelas XII untuk melakukan registrasi pada akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) serta telah menetapkan siswa-siswinya yang eligible, dilanjutkan dengan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS),” katanya.

Dinas Pendidikan Jatim bahkan menggandeng beberapa PTN seperti Universitas Airlangga dan ITS Surabaya untuk sosialisasi.

Menurut Wahid, jumlah lulusan SMA/SMK/MA/SLB Negeri dan Swasta tahun 2021 di Jatim sekitar 529.494 siswa, terdiri dari SMA 175.590 siswa, SMK 244.470 siswa, SLB 1.097 siswa dan Madrasah Aliyah 108.337 siswa.

“Dengan berbagai persiapan dan sosialisasi yang sudah kami lakukan, kami optimis pada tahun 2021 ini Jawa Timur akan kembali meraih predikat provinsi  dengan siswa paling banyak lolos PTN melalui jalur SNMPTN,” lanjutnya.

Baca Juga :   Salurkan Dana Bergulir Rp 1,6 Triliun, BUMDes Jatim Jadi Percontohan Nasional

Sebagaimana diumumkan LTMPT,  hasil SNMPTN akan diumumkan 22 Maret 2021.(gdn)