PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksIndustri

Pertamina Tetap Siagakan Layanan Meski Banyak Masyarakat Tak Mudik

Pertamina
Semua harus tetap memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat. (Humas PMP)

Surabaya, pmp – Pemberlakukan pengetatan perjalanan jarak jauh membuat banyak warga tunda mudik. Namun Tim Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2021 Pertamina, para operator SPBU serta Awak Mobil Tangki (AMT) yang bertugas di garda terdepan distribusi energi bagi masyarakat, tetap siaga.

Guna mendukung dan memberi semangat para petugas garda terdepan, Direksi dan Komisaris PT Pertamina (Persero) mengunjungi beberapa SPBU di sepanjang ruas Tol Trans Jawa. Termasuk memastikan ketersediaan BBM dan LPG.

Pada Senin (3/5/2021), Direktur Perencanaan & Pengembangan Bisnis Mars Ega Legowo Putra memantau kesiapan Terminal Liquified Petroleum Gas (LPG) MEM Gresik dan Integrated Terminal (IT) Surabaya Group.

Kemudian Kamis (6/5/2021), kegiatan pemantauan sarana prasarana dilakukan di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Juanda oleh Direktur Logistic Supply Chain & Infastructure (LSCI) Mulyono.

“Walaupun frekuensi penerbangan dari maskapai berkurang pada masa pengetatan perjalanan jarak jauh, namun kami pastikan seluruh Perwira Pertamina dan peralatan pendukung distribusi sektor aviasi selalu dalam keadaan prima,” ujar Mulyono.

Baca Juga :   Pertamina Bentuk Satgas Amankan Distribusi Energi Selama Natal dan Tahun Baru 2021

Selanjutnya Jumat (7/5/2021), Direktur Pemasaran Pusat & Niaga PT Pertamina Subholding Commercial & Trading, Hasto Wibowo menginspeksi Fuel Terminal (FT) Tuban.

Terakhir pada Minggu (9/5/2021) Komisaris Condro Kirono turun memantau layanan Pertamina di ruas tol Ngawi, tepatnya SPBU No. 51.632.22 di Rest Area Kilometer (KM) 575 A.

Condro menyapa para pekerja SPBU serta membawakan bingkisan dan menyemangati perwira yang bertugas.

“Tetap semangat melayani masyarakat. Walaupun jelang Hari Raya Idul Fitri, yang untuk kedua kalinya tidak mudik, pasti ada kerinduan untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Namun kita semua harus tetap memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat. Sekaligus membantu mencegah penyebaran pandemi COVID-19 dengan tidak mudik,” kata Condro.

Condro berkesempatan menyerahkan bantuan corporate social responsibility (CSR) dari Pertamina kepada masyarakat senilai Rp 200 juta dalam bentuk santunan bagi 600 anak yatim dan sarana pendukung dua panti asuhan. Bantuan diterima secara simbolis oleh Panti Asuhan Raudhiatul Banat, mewakili panti dan yayasan binaan Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina Marketing Region Jatimbalinus.

Baca Juga :   Pertamina Hantar Kampung Wisata Ekoriparian Geblak Jambangan Raih Proper Emas KLH

Usai menyapa para perwira, Condro melanjutkan rangkaian inspeksi ke Layanan Pertashop di exit tol Madiun.

“Tetap selalu berikhtiar berbagi energi positif dalam setiap langkah pelayanan untuk masyarakat. Semoga di bulan yang penuh berkah ini menjadi pembuka pintu rahmat untuk kita semua,” ujarnya.

Gasoline dan Gasoil Naik 15%

Rangkaian kunjungan Condro diakhiri di Dermaga Gospier, Perak, Surabaya. CD Sasongko, Executive General Manager (EGM) Pertamina Marketing Region Jatimbalinus yang turut hadir menyampaikan, sejak masa satgas berlangsung 26 April 2021, konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Jawa Timur tercatat mengalami peningkatan.

“Peningkatan konsumsi BBM pada Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini untuk produk jenis Gasoline (Premium dan Perta Series) sampai Sabtu sebesar 15% dibanding konsumsi harian normal (Triwulan I Tahun 2021), yakni dari 15.400 Kilo Liter (KL) per hari menjadi 17.800 KL. Sementara untuk jenis Gasoil (Biosolar dan Dex Series) juga ikut naik 15%, dari 6.600 KL menjadi 7.500 KL per hari,” papar Sasongko.

Baca Juga :   Pertamina Serahkan Bantuan Alkes Rp 150 Juta kepada Pemkot Surabaya

Sementara konsumsi LPG, baik 3 kg Bersubsidi maupun BrightGas ukuran 5,5 kg dan 12 kg, selama Ramadhan dan Idul Fitri 2021 tercatat naik 2%, menjadi 5.400 Metrik Ton (MT) per hari dari sebelumnya 5.300 MT.

Sasongko mengimbau konsumen membiasakan bertransaksi secara cashless atau nontunai dengan penggunaan aplikasi MyPertamina agar dapat menikmati berbagai promo menarik yang tersedia.

Pertamina juga akan selalu fokus dan memastikan proses penyediaan energi tetap berjalan baik, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir karena BBM dan LPG cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jawa Timur selama Idul Fitri 2021.

“Masyarakat juga dapat berpartisipasi aktif dalam upaya peningkatan pelayanan Pertamina dan melaporkan apabila terjadi kendala dan hambatan distribusi produk-produk Pertamina melalui Pertamina Call Center di nomor 135,” pungkas Sasongko.(hps)