PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Wow

PLN dan Wisata Tani Betet Raih Penghargaan Platinum Indonesian SDGs Award 2021

WTB sukses memberi manfaat ekonomi
Wisata Tani Betet sukses memberi manfaat ekonomi bagi 64 pedagang dan 93 pekerja yang semuanya warga Desa Betet.(WTB)

Jakarta, pmp – PT PLN (Persero) dan Desa Wisata Tani Betet meraih penghargaan Platinum Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) ajang Indonesian SDGs Award (ISDA) 2021 untuk kategori SDGs 10.2 Ekonomi Desa Mandiri, di mana Wisata Tani Betet sukses memberi manfaat ekonomi bagi 64 pedagang dan 93 pekerja yang semuanya warga Desa Betet.

Baca juga : Wisata Tani Betet : Wisata Kanal Amsterdam Ala Nganjuk Penggerak Ekonomi Desa

Berkat dukungan program PLN Peduli UID Jatim, Wisata Tani Betet (WTB) yang terletak di Desa Betet, Kec Ngronggot, Kab Nganjuk, Jawa Timur, dinilai terus tumbuh dan berkembang menjadi wisata milenial yang mengkolaborasikan penerapan teknologi dan sektor pertanian, serta dalam pengembangannya mampu memberdayakan masyarakat dan UMKM sekitar.

Sejak berdiri tahun 2017 hingga kemudian mendapat pendampingan TJSL PLN melalui program CSR PLN Peduli, jumlah pedagang di lokasi WTB terus mengalami kenaikan signifikan, mulai dari dua pedagang, berkembang 10 pedagang tahun 2018, kemudian 32 pedagang tahun 2019, hingga menjadi 64 pedagang dan jumlah pekerja 93 orang pada saat ini.

Hebatnya, menurut Heri Siswanto (47), Ketua Pengelola WTB, para pekerja WTB yang mayoritas para pemuda Desa Betet, mereka bisa mendapatkan penghasilan rata-rata sekitar Rp 2 juta per bulan atau setara Upah Minimum Kabupaten (UMK) Nganjuk tahun 2020 sebesar Rp 1,95 juta.

Baca Juga :   DPR Apresiasi PLN Siapkan Listrik Masa Mudik 2023 Lebih Dini dan Lebih Baik
Heri Siswanto (tiga dari kanan) dan para pemuda Kelompok Sadar Wisata Regul pengelola WTB.(bhimo)
Heri Siswanto (tiga dari kanan) dan para pemuda anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Regul pengelola WTB.(bhimo)

Heri pun bersyukur atas penghargaan Platinum ISDA 2021.

“Saya mewakili keluarga besar WTB mengucapkan banyak terima kasih kepada PT PLN Jawa Timur yang telah mempercayai WTB dengan diikutkan lomba ISDA 2021. Alhamdulillah berkat rahmat Allah SWT kami bisa meraih penghargaan Platinum SDGs Award 2021. Tentu kami bangga karena penghargaan ini di luar dugaan,” kata Heri Siswanto kepada penamerahputih.com, Kamis (23/9/2021).

Heri berkomitmen bakal terus mengembangkan WTB demi kemaslahatan warga Desa Betet dan sekitarnya, serta terus memperkuat jalinan kerja sama dengan PLN melalui PLN UID Jatim.

“Penghargaan platinum ini justru bakal membuat kami lebih semangat bekerja untuk memajukan dan mengembangkan WTB ke depannya,” kata Heri.

PLN Sabet Tujuh Penghargaan

Komitmen PT PLN (Persero) menjalankan pembangunan berkelanjutan membuahkan tujuh penghargaan ISDA 2021 yang digelar Corporate Forum for CSR Development (CFCD), Kementerian PPN/Bappenas dan Kemenko Bidang Perekonomian yang diserahkan pada Jumat (17/9/2021).

Selain Platinum TJSL melalui WTB, tujuh penghargaan yang diraih PLN Group di antaranya Top Leadership on SDGs, The Most Committed Corporate on Environment Pilar dan The Most Committed Corporate on Economy Pilar.

Baca Juga :   Berbagi Kebahagiaan dengan Anak-anak Penyintas Gempa Cianjur, Pegawai PLN Mengajar di Sekolah Darurat

Agung Murdifi, Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN, bangga atas anugerah ISDA 2021 yang diraih PLN dan anak usahanya yang menunjukkan program TJSL PLN selama ini turut berkontribusi mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Indonesia.

“Capaian ini menjadi bukti dari konsistensi PLN yang terus berupaya menjaga kelestarian lingkungan dan alam. PLN akan terus mendukung semua upaya yang berdampak nyata terhadap SDGs di Indonesia,” ujar Agung.

Menurut Agung, guna mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, PLN telah melaksanakan transformasi dalam bidang TJSL untuk memberi nilai tambah bersama antara perusahaan dan masyarakat dengan membentuk sistem bisnis berkelanjutan dengan berorientasi terhadap pencapaian SDGs.

WTB
WTB terus tumbuh dan berkembang menjadi wisata milenial yang mengkolaborasikan penerapan teknologi dan sektor pertanian.(bhimo)

Sebagai bukti komitmen PLN menjalankan program TJSL dengan berpedoman kepada ISO 26000 adalah nilai dari 4% dari laba tahun sebelumnya.

Capaian PLN tahun 2021 semakin spesial dengan berhasilnya anak usaha PLN, takni PT Pembangkitan Jawa–Bali (PJB) yang meraih penghargaan kategori Top Leadership on SDGs, The Most Commited Corporate for SDGs on Social Pillar, The Most Commited Corporate for SDGs on Economy Pillar.

Baca Juga :   PLN Peduli Mulai Salurkan Oksigen Produksi PLTGU Muara Karang ke Berbagai Rumah Sakit

Kemudian PT Indonesia Power juga berhasil mendapatkan penghargaan Gold Category pada kategori Korporasi ISDA 2021.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi pembangunan berkelanjutan yang dilakukan perusahaan-perusahaan Indonesia.

“Pemerintah sadar tidak bisa bekerja sendiri untuk mewujudkan SDGs. Perlu upaya kolektif dari pemerintah, perusahaan, media dan lembaga pendidikan. Sementara untuk sektor korporasi, praktek lingkungan, sosial dan tata kelola, perlu diterapkan di berbagai proses bisnis karena terbukti berdampak positif bagi perusahaan,” kata Menko Airlangga.

WTB kedai PKK Desa Betet
Saat didirikan tahun 2017 jumlah pedagang hanya dua orang, kini menjadi 64 orang yang menjual dagangan di kedai-kedai WTB, termasuk para ibu anggota PKK Desa Betet.(bhimo)

Apresiasi juga disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Effendy atas ikhtiar perusahaan membantu pemerintah mewujudkan SDGs.

“Selamat kepada para penerima ISDA, semoga semakin semangat dalam mendukung Indonesia mencapai target pembangunan berkelanjutan,” kata Menko Muhajir.

PLN melalui beberapa program TJSL, seperti PLN Peduli, PLN Pintar, PLN Power dan PLN Go Green telah melaksanakan berbagai inisiatif dan inovasi dalam usahanya dalam mencapai target SDGs.

Berbagai capaian prestasi atas program-program yang telah dilaksanakan, tidak menghentikan inovasi PLN dalam bertransformasi menciptakan nilai kemanfaatan bersama bagi masyarakat Indonesia.(bim)