PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Bank Kalsel dan Jamkrida Dukung Kepemilikan Rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah

Plt Direktur Utama Bank Kalsel IGK Prasetya dan Direktur Utama Jamkrida Kalsel Suyanto pasca penandatanganan kerja sama
Plt Direktur Utama Bank Kalsel IGK Prasetya (tiga dari kiri) dan Direktur Utama Jamkrida Kalsel Suyanto (empat dari kiri) pasca penandatanganan kerja sama.(Humas Bank Kalsel)

Banjarmasin, pmp – Bank Kalsel dan Jamkrida Kalsel menandatangani perjanjian kerja sama Penjaminan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Sejahtera demi mendukung program pemerintah menyediakan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Penandatanganan dilakukan Plt Direktur Utama Bank Kalsel IGK Prasetya dan Direktur Utama Jamkrida Kalsel Suyanto, di ruang rapat lantai 3 Kantor Pusat Bank Kalsel, di Banjarmasin, Rabu (29/9/2021).

Bank Kalsel bakal bertindak sebagai pemberi KPR Sejahtera, sementara Jamkrida Kalsel bertindak sebagai penjamin masyarakat untuk memperoleh KPR Sejahtera Bank Kalsel.

Penjaminan terhadap debitur meliputi mereka yang tidak dapat memenuhi kewajiban finansial karena meninggal dunia secara wajar ataupun kecelakaan, juga penjaminan kerugian terhadap rumah yang dibiayai apabila terjadi kebakaran.

“Alhamdulillah kerja sama Bank Kalsel dengan PT Jamkrida Kalsel merupakan sinergi mendukung program pemerintah menyediakan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Dengan adanya tambahan penjaminan KPR Sejahtera oleh Jamkrida Kalsel, kami optimis penyaluran KPR Sejahtera Bank Kalsel dapat semakin meningkat sehingga mendukung pengembangan pembangunan di berbagai daerah di Kalsel,” Kata Plt Dirut Prasetya.

Baca Juga :   Bank Kalsel Bantu Korban Banjir Kalteng Rp 201 Juta dari CSR dan Unit Pengumpul Zakat

Sementara Dirut Jamkrida Suyanto mengatakan, kerja sama tidak hanya meningkatkan keuntungan dari sisi bisnis kedua belah pihak, namun sinergi di antara BUMD menyukseskan program pemerintah.

“Selain meningkatkan keuntungan bisnis antarperusahaan, lebih dari itu kami ingin sama-sama memberikan kontribusi positif terhadap program pemerintah kepada masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki hunian yang layak khususnya di Kalsel,” kata Suyanto.

Turut menyaksikan penandatanganan kerja sama di antaranya Direktur Operasional Jamkrida Kalsel Ariesta Budi; Head Of Business Group Bank Kalsel Fachrudin, Kepala Divisi Kredit Izhar; Kepala Divisi Dana & Jasa Hambali, Kepala Divisi Jaringan & Pelayanan Cabang Rudi Ansyari, Kepala Divisi Corporate Secretary Suriadi dan Kepala Bank Kalsel Cabang Utama Firmansyah.

Baca Juga :   Gubernur Sahbirin dan Kepala OJK Gabung Bank Kalsel Tebar Kebaikan Lewat Charity Ride

Langkah Strategis Penuhi Modal Inti

Sejatinya kerja sama Bank Kalsel dengan Jamkrida Kalsel merupakan langkah strategis Bank Kalsel untuk mengoptimalisasi pendapatan dalam upaya mempertahankan rentabilitas dengan meningkatkan performa aset-aset bank yang potensial, selaras dengan tujuan Bank Kalsel meningkatkan laba perusahaan dalam pemenuhan modal inti.

“Bank Kalsel terus berupaya melakukan berbagai langkah strategis untuk mencapai pemenuhan modal inti di tahun 2024, sebagaimana diatur oleh OJK. Salah satunya dengan kerja sama ini yang merupakan bagian dari upaya ekspansi kredit,” jelas Prasetya

Guna memenuhi syarat modal inti minimum, Bank Kalsel telah melaksanakan berbagai kegiatan, antara lain ekspos kinerja dan permodalan yang dilaksanakan oleh jajaran manajemen di hadapan shareholder baik di tingkat provinsi maupun kabupaten atau kota.

Baca Juga :   Empat Fokus PPKM Level 4 Kalsel: Mobilitas, Testing-Tracing, Prokes dan Vaksinasi

Dukungan terhadap upaya Bank Kalsel ditunjukkan oleh Komisi II DPRD Provinsi Kalsel yang melakukan studi banding ke Bank Kalteng, di mana Bank Kalsel sangat mengapresiasi dan turut mendampingi kunjungan tersebut.

“Dalam hal upaya pemenuhan modal inti sesuai regulasi OJK, tentunya kami telah melakukan berbagai upaya. Secara berkala kami senantiasa melakukan ekspos kinerja kepada para pemegang saham hingga lingkup DPRD baik provinsi maupun kabupaten atau kota. Selain itu peningkatan kinerja bisnis selalu dijaga agar tetap berada di level atraktif sehingga Bank Kalsel tetap menjadi bank kebanggaan masyarakat Kalsel,” pungkas Prasetya.(hps)