PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksNusantara

Warga Pacitan Terima Rumah Layak Huni dari PJB

PJB berhasil membangun rumah layak huni dan jalan dengan memanfaatkan sisa pembakaran batubara (FABA). (Humas PJB)

Surabaya, pmp – PT Pembangkitan Jawa-Bali unit PLTU Pacitan meresmikan rumah layak huni yang terbuat dari sisa pembakaran batu bara PLTU (Fly Ash and Bottom Ash /FABA) untuk membantu warga setempat yang membutuhkan.

“Saat ini PJB berhasil memanfaatkan sisa pembakaran batubara (FABA) menjadi barang yang berguna untuk masyarakat dan social yang udah diterapkan di beberapa PLTU PJB. Semoga PJB semakin dapat memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat,” kata Direktur Operasional 2 PT PJB Rachmanoe Indarto, Jumat (29/10/2021).

Peresmian sekaligus penyerahan rumah layak huni kepada warga penerima manfaat, Abdul Mungin dilaksanakan pada Senin (25/10/2021)  dihadiri oleh Rachmanoe Indarto,  Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Pacitan Yunus Hariyadi mewakili Bupati Pacitan dan VP Lingkungan PT PLN (Persero) Ajrun Karim.

Baca Juga :   Pandemi Tak Surutkan PJB Wujudkan Zero Accident, Perkokoh Pondasi Safety Leadership

Kegiatan pembangunan rumah layak huni dari FABA ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) PJB dan menjadi simbol bahwa PJB dalam menjalankan bisnisnya akan tumbuh berkembang bersama lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

Pembangunan rumah memakan waktu dua bulan, dimulai pada tanggal 20 Agustus 2021 hingga 20 Oktober 2021  dengan luas 24 meter2 dan menggunakan batako sejumlah 1.600 buah yang berbahan dasar dari FABA.

Abdul Mungin selaku penerima manfaat tidak memiliki tempat tinggal tetap dan bermata pencaharian ala kadarnya. Pria 50 tahun itu sempat tinggal di hutan dan di gua dan terakhir tinggal di gubuk reot yang tidak memiliki dinding dan pintu.

Baca Juga :   PJB Tandatangani Amandemen Kontrak AMC dengan PLN UIK SBU

“Rasanya seperti mimpi saya bisa punya rumah. Tidak menyangka. Saya sangat berterima kasih kepada PJB PLTU Pacitan, desa, jajaran TNI-Polri dan orang-orang yang telah membantu saya,” ungkapnya.

Setelah rumah Abdul Mungin, PT PJB juga sedang memproses pembangunan 5 rumah FABA lainnya di wilayah Kecamatan Sudimoro. Rencana selanjutnya, PT PJB memberikan bantuan FABA, baik raw material (bahan baku) yang dapat digunakan sebagai stabilitasi tanah, media tanam dan juga untuk menstimulus pertumbuhan ekonomi masyarakat di Pacitan melalui UMKM dan pemkab.

Selain peresmian rumah layak huni, PJB juga memanfaatkan FABA untuk pengecoran jalan sepanjang 1 km di dusun Krajan desa Sumberejo, Pacitan sebagai pengganti batu kotal dan semen. Pembangunan jalan ini sendiri nantinya diharapkan bisa memberikan akses yang nyaman dan aman.

Baca Juga :   Komit pada Keberlanjutan, PLN Nusantara Power Raih Platinum ASRRAT 2023

PLTU Pacitan melakukan penghijauan dengan penanaman sejumlah 10.000 pohon jenis Kaliandra dan Gamal / Glirecideyang yang ditanam di sekitar PLTU Pacitan. Media tanam menggunakan media tanam produksi internal Pacitan yang dicampur dengan FABA dengan komposisi 70:30.

“Penghijauan ini untuk meningkatkan kualitas udara di Kabupaten Pacitan dan juga menambah bahan baku yang akan digunakan Co-Firing.,” kata Rachmanoe Indarto. (hps)