PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

SIG Fasilitasi Remaja Penyandang Disabilitas Berwirausaha

Pengelola Kedai Pink, Putri Della Wulandari menyajikan pesanan pembeli.

Jakarta, PMP – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui program SIG Peduli membina dan memberi fasilitas kepada penyandang disabilitas lulusan Sekolah Luar Biasa (SLB) AB Kemala Bhayangkari 2 Gresik berupa tempat berjualan (stan) pujasera yang berlokasi di Kuliner Wisma A. Yani.

Tempat berjualan tersebut diberi nama Kedai Pink yang telah di klola secara mandiri oleh 5 orang penyandang disabilitas sejak bulan Januari 2022. Seluruh aktivitas berjualan mulai dari proses memasak hingga penyajian makanan dilakukan secara bergantian setiap harinya.

Dinda Intan Lestari salah satu pengelola kedai pink mengaku terbantu dan berterima kasih atas bantuan dan pendampingan yang diberikan oleh SIG.

“Kami sangat berterima kasih kepada SIG atas bantuan tempat berjualan untuk kami sehingga bisa melatih kami supaya mandiri,” kata Dinda, Rabu (9/3/2022).

Baca Juga :   Laba Tahun Berjalan 2022 SIG Naik 18% Menjadi Rp2,499 Triliun

Kedai Pink buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.30 WIB dengan menjual menu dimsum dan Freshy Ice Tea.

Berbekal ilmu yang diperoleh dari sekolah, pengelolaan kedai dapat berjalan dengan baik dan pelanggan senang dengan pelayanan yang diberikan.

”Semoga SIG tetap perhatian dan mengganggap kami bisa sama dengan yang lain dan juga teman-teman kami yang lain yang belum mendapat kesempatan yang sama supaya mendapat perhatian juga,”  ungkap Dinda Intan Lestari.

Nikmatul Izzah, Guru Pembimbing SLB AB Kemala Bhayangkari 2 Gresik, bersyukur anak didiknya diberikan kesempatan oleh SIG untuk mempraktikkan langsung mengenai apa yang mereka pelajari di sekolah.

“Ini penting untuk pengembangan diri mereka, terutama untuk melatih kemandirian. Selama ini mereka masih tergantung dengan orang tua. Semoga ini juga dapat menjadi contoh bagi kelompok disabilitas yang lain,” kata Nikmatul Izzah.

Baca Juga :   SIG Pasok 2.630 Unit Tetrapod untuk Pelestarian Kawasan Wisata Raja Ampat

Sementara itu, General Manager of CSR SIG, Edy Saraya mengatakan program ini merupakan bentuk kepedulian dan komitmen perusahaan terhadap penyandang disabilitas agar mampu mandiri dengan mengelola usaha.

“Diharapkan para penyandang disabilitas ini lebih meningkatkan rasa kepercayaan diri dengan berwirausaha dan bersosialisasi langsung dengan para pelanggan,” kata Edy.

Menurutnya, para penyandang disabilitas juga memiliki kemampuan yang sama dengan masyarakat pada umumnya. Kepedulian terhadap kaum disabilitas ini merupakan bentuk dukungan perusahaan terhadap salah satu pencapaiaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB), yaitu kesetaraan gender dan non diskriminasi.

“Pemberdayaan disabilitas ini kami lakukan melalui program pembinaan, pendampingan dan keterlibatan langsung yang akan terus dikembangkan sehingga mereka nanti bisa menuju kemandirian,” ungkap Edy Saraya. (nas)