PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksIndustri

SIG Bagikan Dividen Rp1,02 Triliun

Jakarta, PMP — PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) (Perseroan) menetapkan pembagian dividen sebesar Rp 1,02 triliuan sesuai hasil keputusan rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) yang digelar di Jakarta, Kamis (31/3/2022).

“RUPST 2022 menyetujui penetapan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk tahun 2021 sebesar Rp2,02 triliun, di mana 50,66% dari laba atau senilai Rp1,02 triliun ditetapkan sebagai dividen tunai dan 49,34% atau Rp997,19 miliar ditetapkan sebagai cadangan,” papar Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni dalam keterangannya, Kamis (31/3/2022).

Melalui inisiatif strategis yang dijalankan, pada 2021 kinerja penjualan SIG bertumbuh baik di pasar domestik maupun ekspor pada tahun 2021 meningkat 1,6% menjadi 40,47 juta ton dari tahun 2020 sebesar 39,85 juta ton.

Vita mengatakan SIG mempertahankan posisi sebagai pemimpin di pasar semen Indonesia melalui lima merek semen unggulan yang beredar di seluruh Indonesia yaitu Semen Gresik, Semen Padang, Semen Tonasa, Dynamix dan Semen Andalas serta satu brand di Vietnam yaitu Thang Long Cement.

Baca Juga :   SIG Raih Tiga Penghargaan BUMN Awards 2022

Sebagai perusahaan  penyedia solusi building material, SIG mendukung percepatan pembangunan infrastruktur dan penyelenggaraan konstruksi berkelanjutan sebagaimana dituangkan dalam Instruksi Menteri PUPR dengan menyediakan berbagai produk Semen Non OPC yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memberikan berbagai keunggulan performa teknis sesuai kebutuhan aplikasi konstruksi.

Di tahun 2021, SIG secara resmi mulai memasarkan produk Mortar Indonesia yaitu semen instan dalam berbagai tipe yang dapat memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam pengerjaan konstruksi.

SIG juga mengembangkan solusi untuk mendukung program pengembangan perumahan masal dengan waktu yang singkat dan biaya yang efisien tanpa mengurangi kualitas dari bangunan melalui teknologi konstruksi DynaHome.

Selain produk semen, SIG juga menyediakan berbagai solusi beton yang telah dikembangkan, seperti Minimix yang memungkinkan proyek skala kecil menggunakan produk readymix (beton jadi),   SpeedCrete untuk solusi pembetonan dengan kekuatan sangat tinggi, perkerasan beton hanya membutuhkan waktu 8 jam, yang memungkinkan  penyelesaian pengerjaan konstruksi jalan yang lebih cepat dan bebas macet. Serta ThruCrete yang dapat menyediakan daerah resapan air dan mengurangi risiko banjir.

Baca Juga :   SIG Wujudkan Impian Pejalan Kaki di Jakarta Memiliki Trotoar yang Ramah dan Aman

Dalam upaya mendukung circular economy, melalui unit pengolahan limbah bernama Nathabumi, SIG memanfaatkan limbah industrial maupun sampah perkotaan sebagai bahan baku dan bahan bakar alternatif melalui metode co-processing. Beberapa jenis limbah industri seperti fly ash, bottom ash, dan copper slag juga dapat digunakan sebagai alternatif bahan baku semen dan produk turunannya.

Perubahan Susunan Pengurus

Rapat memberhentikan dengan hormat Ibu Hendrika Nora Osloi Sinaga sebagai Komisaris; dan Bapak Doddy Sulasmono Diniawan sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko.

Rapat juga mengubah nomenklatur jabatan Direksi Perseroan yaitu semula Direktur Marketing dan Supply Chain menjadi Direktur Supply Chain, Direktur Pengembangan Usaha dan Strategi Bisnis menjadi Direktur Bisnis dan Pemasaran.

Baca Juga :   Cegah COVID-19, SIG Ajak Masyarakat Hidup Sehat

Selanjutnya, Rapat mengangkat Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan, yaitu Bapak Arief Prasetyo Adi sebagai Komisaris; dan Bapak Andriano Hosny Panangian sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko.

Berikut Susunan Dewan Komisaris dan Direksi yang baru:

Dewan Komisaris:

1      Komisaris Utama     Rudiantara

2      Komisaris Arief Prasetyo Adi

3      Komisaris Lydia Silvanna Djaman

4      Komisaris Sony Subrata

5      Komisaris         Astera Primanto Bhakti

6      Komisaris Independen    Aas Asikin Idat

7      Komisaris Independen    Nasaruddin Umar

Direksi Perseroan:

1      Direktur Utama       Donny Arsal

2      Direktur Bisnis dan Pemasaran       Aulia Mulki Oemar

3      Direktur SDM dan Umum       Agung Wiharto

4      Direktur Operasi      Yosviandri

5      Direktur Supply Chain     Adi Munandir

6      Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko         Andriano Hosny Panangian. (nas)