PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksIndustri

Penjualan Trias Sentosa Capai Rp1,1 Triliun Kuartal I 2022

Jajaran direksi Trias Sentosa usai paparan publik di Surabaya, Jumat (17/6/2022).

Surabaya, PMP – Produsen kemasan (flexible packaging film)  PT Trias Sentosa Tbk (TRST) optimistis kinerja penjualan tahun ini bakal lebih baik dibandingkan tahun lalu sejalan dengan situasi ekonomi yang semakin pulih.

“Pada kuartal I/2022, perseroan berhasil mencatatkan penjualan sebesar Rp1,1 triliun atau mengalami pertumbuhan 31,6 persen dibandingkan periode sama tahun lalu,” kata  Direktur Utama Trias Sentosa, Sugeng Kurniawan  dalam paparan publik di Surabaya, Jumat (17/6/2022).

Sugeng menjelaskan peningkatan penjualan ini terjadi seiring dengan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 yang mereda, yang tercermin dari mulai meningkatnya aktivitas ekonomi dan bisnis yang sudah kembali berjalan normal.

Menurutnya meski ekonomi dan bisnis sudah kembali normal, tetapi industri masih dibayangi oleh kenaikan harga komoditas, dan biaya pengiriman yang disebabkan oleh perang Rusia – Ukraina, serta kelangkaan peti kemas yang terjadi di awal 2022.

Baca Juga :   Trias Sentosa Bukukan Penjualan Rp 2,67 Triliun di Kuartal III 2021

“Meski begitu, perseroan tetap berupaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, sehingga di kuartal I tahun ini penjualan kami meningkat 31,6 persen, dan laba bruto perseroan meningkat 59,9 persen menjadi Rp157 miliar, dan laba netto periode berjalan meningkat 15,4 persen (Yoy) menjadi Rp58 miliar,” jelasnya.

Di tengah tingginya harga minyak dunia dan sulitnya mendapat bahan baku, perseroan melakukan strategi pengamanan pasokan bahan baku, meningkatkan efisiensi. Bahkan jika terpaksa, menaikkan harga produk ke konsumen.

“Penanganan pandemi dan rantai pasok bahan baku dan barang memang masih menjadi tantangan ke depan,” imbuh Sugeng.

Pada kinerja 2021, perseroan berhasil mencatatkan pertumbuhan penjualan 22,1 persen dibandingkan dengan penjualan 2020, yang disertai dengan peningkatan laba bruto komsolidasi dan laba netto tahun berjalan konsolidasi masing-masing sebesar 41 persen dan 174 persen (Yoy).

Baca Juga :   Manfatkan Peluang Pasar Saat Pandemi, Penjualan Trias Sentosa Tumbuh 16,6%

“Keberhasilan kinerja tahun lalu ini dipicu oleh tingginya permintaan pasar domestik maupun pasar ekspor yang disebabkan oleh adanya gangguan rantai pasokan barang secara global terkait dengan kondisi pandemi,” katanya.

Menurutnya, situas ini telah mendorong kontribusi penjualan di pasar ekspor pada 2021 yang menjadi 47 persen atau naik dibandingkan komposisi ekspor pada 2020 yakni 44 persen. Sedangkan di pasar domestik pada 2020 berkontribusi 56 persen, turun menjadi 53 persen pada 2021.

Sugeng menambahkan, keyakinan kinerja di masa yang akan datang juga didasari oleh adanya investasi yang dilakukan perseroan dengan menambah kapasitas produksi.

“Perseroan telah melakukan investasi untuk mesin BOPP (biaxially-oriented polypropylene) atau film polyster sebesar US$40 juta, dan mesin cast polypropylene (CPP) atau film plastik berbahan polypropylene sebesar US$8 juta. Keduanya direncanakan beroperasi pada akhir 2022,” ujarnya.

Baca Juga :   Trias Sentosa Optimis Penjualan 2020 Capai Rp 2,7 Triliun

Melalui investasi tersebut direnanakan bisa menyerap tenaga kerja sebanyak 85 orang, serta akan menambah kapasitas produksi.

“Mesin BOPP akan memiliki kapasitas 30.000 ton/tahun, dan CPP 15.000 ton/tahun, sehingga secara total perseroan memiliki kapasitas produksi mencapai 125.000 ton/tahun,” kata Sugeng.(nas)