PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksMakro

Bank Jatim Bersinergi dengan GPEI Dorong Ekspor UMKM Jatim

Surabaya, PMP – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) terus aktif memberikan stimulus dan membantu pelaku usaha untuk bangkit dan mengembangkan bisnisnya pascapandemi Covid-19.

Sejalan dengan program pemulihan ekonomi yang dilakukan pemerintah daerah, kali ini bankjatim menggandeng Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Jawa Timur untuk bersama-sama memberikan pelatihan kepada UMKM potensi ekspor.

Nota kesepahaman tersebut dihelat dalam rangkaian Acara East Java Export Festival di hotel Novotel Samator Surabaya pada Senin (1/11/2022).

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Direktur Utama bankjatim Busrul Iman dan Ketua GPEI Jawa Timur Isdarmawan Asrikan yang disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Baca Juga :   Bank Jatim Gandeng Pemkot Surabaya Launching KatePay, Percepat Digitalisasi Sekolah

Turut hadir pada acara tersebut, Bupati Lamongan (Yuhronur Efendi), Bupati Sidoarjo (Ahmad Mudlor Ali) serta Drajat Irawan (Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur).

“Penandatanganan MoU dengan GPEI Jawa Timur merupakan bentuk dukungan bankjatim dengan memberikan akses layanan jasa perbankan kepada para UMKM binaan untuk terus bersemangat memberikan produk – produk terbaik yang dapat diekspor di pasar internasional,” kata Busrul.

Selain  bersinergi dalam memberikan pelatihan kepada UMKM, kerjasama antara bankjatim dan GPEI Jatim juga mencakup Program pencetakan 100 UMKM berpotensi ekspor, Program Business Matching dengan exportir potensial, Transaksi Trade Finance, Layanan Pembiayaan Modal Kerja dan Investasi bagi anggota GPEI dan UMKM Potensi Ekspor binaan  GPEI Jawa Timur.

Baca Juga :   RUPS Tahunan Bank Jatim 2023: Bagikan Dividen Jumbo Rp816 Miliar

Dalam mendukung layanan transaksi komersial internasional, bankjatim telah memiliki layanan transasksi Devisa diantaranya L/C (Letter of Credit), Transaksi Remittance, SKBDN dan Bank Garansi Valas.

“Dengan layanan transaksi devisa yang telah dimiliki saat ini, bankjatim siap memberikan kemudahan akses perbankan kepada para UMKM binaan untuk melakukan ekspor produk ke pasar internasional,” papar Busrul.

Selain itu, JConnect Remittance yang merupakan pengembangan Layanan Pengiriman Uang Antar Negara, hasil kerjasama bankjatim  dengan Merchant Trade Asia dari Malaysia.

“Melalui Jconncet Remitance, nasabah dapat melakukan transaksi menggunakan 2 (dua) mata uang yang berbeda hingga Rp99 juta per transaksi  secara real time 24 jam tanpa ada potongan biaya saat menerima uang kiriman,” kata Busrul.(nas)