PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksIndustri

PLN Gelar Pemeliharaan Jaringan Tanpa Padam Hadapi Musim Penghujan

Madiun, PMP –  Dalam rangka mewujudkan transformasi layanan dan keandalan jaringan 20 kV, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur melaksanakan kegiatan Borderless Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan-Tegangan Menengah (PDKB-TM) dan Pemeliharaan Rabas Terintegrasi (BESTIE) di wilayah kerja PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Madiun.

Berkolaborasi dengan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Madiun, kegiatan dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 29-30 November 2023.

Kegiatan diawali dengan apel yang dipimpin oleh Manager PLN UP3 Madiun Suhandopo.

“165 personel dari beberapa Unit Pelaksana wilayah Jawa Timur seperti UP3 Gresik, UP3 Surabaya Barat, UP3 Mojokerto, UP3 Kediri, dan UP3 Ponorogo diterjunkan dalam kegiatan ini,” kata Suhandopo, Kamis  (30/11).

Baca Juga :   Konsumsi Listrik Sektor Industri di Jatim Naik 14,09%, Sinyal Ekonomi Mulai Bangkit

Untuk mendukung kelancaran pekerjaan, diterjunkan juga sejumlah 21 unit armada, yang terdiri atas 4 unit mobil PDKB Sentuh Langsung, 5 unit skylift, 7 unit pick up, 2 unit truk harskill, dan 1 unit truk DLHK.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo memaparkan hingga November 2023, PLN telah melakukan pemeliharaan tanpa padam di 14 wilayah Jawa Timur.

“Kami selalu mengupayakan untuk mengoptimalkan keandalan jaringan, baik itu di sisi tegangan menengah sampai ke sisi tegangan rendah tentunya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” papar Agus.

Kegiatan pemeliharaan ini berfokus pada pemasangan beberapa material di jaringan listrik, perbaikan konstruksi dan penggantian material tua, serta potong dan tebang pohon. Selama 2 hari dilakukan pemeliharaan tanpa padam pada 52 titik pekerjaan dengan capaian 80.000 kWh yang berhasil diamankan.

Baca Juga :   Omset Pedagang Kampung Mandar Sentra Kuliner Seafood di Banyuwangi Naik Dua Kali Lipat Selama Ramadan  

“Melalui kegiatan ini diharapkan beberapa pekerjaan to do list yang cukup banyak dapat terselesaikan dengan cepat mengingat kondisi saat ini yang sudah memasuki musim penghujan sehingga jaringan tetap andal,” tambah Agus.

Kepala Bidang PSU RTH, PJU, dan Pemakaman Disperkim Kota Madiun, Andi Anto menyampaikan pihaknya siap untuk mendukung upaya PLN dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami mengapresiasi PLN yang terus berkomitmen meningkatkan keandalan listrik di wilayah Madiun. Selama ini kerjasama juga telah terjalin dengan baik, dan dari sisi kami juga akan mendukung upaya menjaga kerapihan lingkungan dan keamanan masyarakat di kota Madiun,” terang Andi. (nas)