PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksMikro

Pertamina Jatimbalinus Sabet Kategori Desain Stand Terbaik Batik Bordir dan Aksesoris Fair 2024

4

 Surabaya, PMP – Pertamina terus berupaya maksimal menjalankan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan dari seluruh lini kegiatan, salah satunya lini sektor ekonomi.

Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menjalankan program kegiatan pemberdayaan bagi UMKM agar bisa mandiri dan naik kelas.

Pertamina sendiri telah banyak melaksanakan kegiatan pembinaan dalam upaya peningkatan perekonomian dan kemandirian. Mulai dari upskilling pelatihan, pameran, workshop hingga sertifikasi.

Hal ini salah satunya terlihat dalam ajang Batik Bordir & Aksesoris Fair 2024 yang digelar selama lima hari berturut-turut dari Rabu (8/5/2024) hingga Minggu (12/5/2024) di Exhibition Hall Grand City Surabaya dengan mengusung tema “Karyane Wong Jawa Timur Gak Onok Lawane, Rek!”.

Pameran Batik Bordir & Aksesoris Fair yang sudah memasuki tahun ke 19 pegelaran pada tahun ini merupakan kegiatan pameran batik dan aneka produk fashion terbesar dan terlengkap yang digelar setiap tahun. Pameran dibuka oleh Pj. Ketua Dekranasda Jawa Timur, Isye Adhy Karyono pada Rabu (8/5/2024) dan diikuti oleh seratus empat puluh peserta.

Baca Juga :   Pertamina Bakal Manfaatkan Event MotoGP Promosi Produk Rotan Lombok UMK Binaan

Dalam sambutannya, Isye menyampaikan apresiasinya terhadap keberhasilan ekonomi kreatif di Jawa Timur, karena saai ini menjadi provinsi yang memberikan kontribusi ekonomi kreatif terbanyak dalam skala nasional.

“Pameran ini digelar sebagai sarana untuk mendorong perkembangan produk-produk usaha kecil menengah, utamanya produk kerajinan dan khususnya sektor produk desain antara lain, kerajinan batik, bordir dan aksesoris”, jelas Isye.

PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus sendiri mengikutsertakan enam mitra binaan unggulannya, Titien Soedarsa, Dinar Ethnic Jewelry, Batik Olive, Boneka Vakikus, Almira Handmade dan Jayanti Batik dengan aneka produk mulai dari batik tulis, batik cap, aksesoris, boneka, hingga sulam.

Pada pemilihan mitra binaan UMKM, Pertamina menerapkan sistem bergilir dan bergulir, sehingga setiap mitra binaan dapat berkesempatan mengikuti ajang pameran dan pameran ini merupakan salah satu pintu bagi UMKM menuju naik kelas dan kesempatan untuk mendapatkan tawaran penjualan baik skala lokal, nasional bahkan internasional.

Baca Juga :   Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus Torehkan Kinerja Positif Sepanjang 2023

Di ajang ini, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus menyabet penghargaan Desain Stand Terbaik yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Dr. Ir. Iwan S. Hut, MM pada penutupan pegelaran Batik Bordir & Aksesori Fair 2024 (12/5/2024).

Pemilik Jayanti Batik, Sri Nasifah mengungkapkan dengan diikutsertakan kedalam pameran dirinya bisa lebih melebarkan sayap untuk memperkenalkan produknya kepada pasar.

“Kami mengucapkan terimakasih sekali sebesar-besarnya pada Pertamina karena selama ini dibina dan diberi kesempatan untuk mengikuti pameran, sebelumnya kami hanya bisa mengikuti pameran lokal, namun kali ini kami berkesempatan dalam pasar yang lebih besar dalam skala provinsi,” ujar Sri.

Baca Juga :   Menunggu Terobosan Akselerasi BUMDesa Miliki Pertashop

Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Ahad Rahedi menerangkan, sebagai BUMN, Pertamina memiliki Program TJSL,  salah satunya Program Pembinaan UMKM.

Program pembinaan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya diwujudkan dalam bentuk keikutsertaan pameran yang diselenggarakan dalam event Batik Bordir & Aksesoris Fair 2024 ini.

“Melalui program-program pembinaan UMKM dan semangat Energizing Your Future, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap mitra naik kelas dan Go Global,” kata Ahad. (nas)