PenaMerahPutih.com
Ekbis Headline Indeks Industri

Pandemi Tak Surutkan PJB Wujudkan Zero Accident, Perkokoh Pondasi Safety Leadership

PT PJB
PT PJB gelar webinar Process Safety Management. (Humas PJB)

Surabaya, pmp – PT Pembangkitan Jawa Bali  atau PJB menggelar webinar Process Safety Management bertema ‘Safety Leadership Sebagai Prinsip dalam Bekerja Guna Memperkokoh Safety Culture dan Resilience (Ketahanan) untuk Mencapai Zero Accident di PT PJB’ untuk memperingati bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional yang jatuh setiap bulan Januari.

Webinar yang digelar Rabu (13/1/2021) dan dihadiri seluruh unit PT PJB, mengundang pembicara Ir Wanhar (Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM), Komang Paramita (Executive Vice President HSSE PT PLN Persero), serta Ir  Lukmanul Hakim (Presiden Director Leb Solution Indonesia).

PT PJB merefleksikan bulan K3 Nasional dengan semangat bersama menghadapi tantangan pandemi COVID-19 dengan memperkokoh safety culture atau budaya keselamatan.

Budaya keselamatan kerja merupakan perilaku, kepercayaan, persepsi dan nilai yang disepakati secara bersama, berkenaan dengan K3. Safety culture diterapkan untuk mencapai derajat performansi K3 yang dipahami dan dijadikan prioritas utama dalam suatu organisasi.

Baca Juga :   PJB Class di NTB Siap Ciptakan Bibit Unggul Industri Ketenagalistrikan

Namun perlu dipahami bahwa budaya keselamatan tanpa adanya dorongan dari para leader yang ada di PT PJB merupakan hal yang mustahil dicapai. Safety leadership merupakan pondasi membangun budaya keselamatan dan ketahanan atau resilience.

Safety culture memiliki aspek paling penting yaitu leadership. Makna leadership bukan saja orang-orang yang memiliki jabatan atau posisi tertentu, tetapi leadership bagi diri sendiri, rekan kerja dan orang terdekat, yang memunculkan sense menjaga kesehatan dan keselatamatan kerja sehingga dapat memengaruhi rekan kerja dan orang terdekat agar lebih peduli terhadap pentingnya menjaga budaya K3 dalam pekerajaan sehari hari,” papar Lukmanul Hakim.

Menurutnya, hal itu sangat penting untuk mewujudkan zero accident dalam suatu perusahaan, sesuai dengan moto K3 PT PJB : ‘Tidak Ada yang Lebih Penting dari Nyawa Manusia’.

Baca Juga :   Tambah Penghasilan Masyarakat Tenayan, PJB Bentuk Bank Sampah Induk

Lomba Emergency Response Preparedness

Pelaksanaan peringatan bulan K3 tahun 2021 menjadi momentum PT PJB memformat kembali konsep implementasi K3 secara internal, termasuk anak perusahaan, dengan menitik beratkan peran leader untuk mendorong budaya keselamatan demi tercapainya visi zero accident.

Pelaksanaan bulan K3 PT PJB yang dilaksanakan mulai 13 Januari 2021 hingga 18 Februari 2021 akan diisi berbagai kegiatan antara lain :

  1. Lomba Emergency Response Preparedness : Bertujuan menekankan kesiapan prosedur dan tim tanggap darurat , termasuk infrastrukturnya dalam penanganan kondisi darurat.
  2. Lomba Tata Graha 5S : Bertujuan mendorong dan meningkatkan implementasi housekeeping di PT PJB. Implementasi housekeeping yang tepat diharapkan dapat meningkatkan produktivitas perusahaan dan mencegah terjadinya kecelakaan kerja.
  3. Apresiasi Implementasi Izat : Bertujuan mengukur implementasi unit dalam mengoptimalkan penggunaan aplikasi Izat pada fitur patrol sebagai upaya mencapai zero accident.
  4. Lomba Video Kreatif : Bertujuan membangun kampanye positif implementasi keselamatan kerja di unit pembangkit, serta sebagai bahan pembelajaran dalam upaya membangun kesadaran (awareness) menerapkan budaya K3 workforce.
  5. Lomba Safety Creative Paper : Bertujuan menjaring ide-ide terbaik terkait peningkatan dan perbaikan (improvement) K3  dalam hal budaya K3, safety golden rules dan safety tools.
  6. Lomba Safety Quiz : Bertujuan mengukur pemahaman dasar-dasar pengetahuan K3 seluruh insan PT PJB.
Baca Juga :   PT PJB Perkokoh Diri Jadi Pionir Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan

Seluruh kegiatan lomba bulan K3 tahun 2021 dilakukan dengan metode daring mengingat pandemi COVID-19 masih berlanjut, termasuk mengantisipasi penyebaran corona di lingkungan PT PJB dan anak perusahaan.(hps)