PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Bertemu Paman Birin, Sandiaga Dorong Pengembangan Wisata Religi Makam Guru Sekumpul

Menparekaraf Sandiaga Uno saat bertemu Gubernur Kalsel Sahbirin Noor
Menparekaraf Sandiaga Uno bertemu Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, di Gedung Mahligai Pancasila, Kota Banjarmasin.(Birkom Kemenparekraf)

Banjarmasin, pmp – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong upaya pengembangan sektor parekraf di Kalimantan Selatan, salah satunya pengembangkan wisata religi makam Guru Sekumpul atau KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Al-Banjari di Kota Martapura, Kabupaten Banjar yang setiap tahun diziarahi sekitar tiga juta hingga lima juta orang.

“Jadi harus kita kembangkan dari segi length of stay (lama tinggal) dan kualitas kunjungannya melalui belanja produk-produk ekonomi kreatif. Ini akan membangkitkan produk-produk ekonomi kreatif di Kalimantan Selatan dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” kata Menparekaraf Sandiaga saat bertemu Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, di Gedung Mahligai Pancasila, Kota Banjarmasin, Rabu (1/9/2021).

Baca Juga :   Bank Kalsel Raih The Best Indonesia CSR Award 2021 Sisihkan Ratusan Perusahaan

Sandiaga menyampaikan bahwa pertemuannya dengan Paman Birin, panggilan akrab Gubernur Sahbirin Noor, bertujuan menjalin kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Gubernur serta para kepala daerah di Kalimantan Selatan dalam upaya mengembangkan potensi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di provinsi yang dikenal dengan sebutan ‘Bumi Lambung Mangkurat’ tersebut.

“Selama ini Kalimantan Selatan dikenal dengan sumber daya alam dan daya tarik wisata yang luar biasa dengan produk ekonomi kreatif yang beraneka ragam. Ini adalah simbol kebangkitan ekonomi nasional,” kata Sandiaga.

Dia pun berkomitmen bakal bekerja sama dengan pemerintah daerah Kalimantan Selatan mengembangkan potensi-potensi wisata dan ekonomi kreatif yang ada, sehingga sektor parekraf di Kalimantan Selatan dapat bangkit dari pandemi COVID-19 dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat.

Baca Juga :   Galuh Borneo Kalsel Mengucapkan Selamat & Sukses Atas Pelantikan Gubernur dan Wagub Kalsel 2021-2024

“Kepulihan dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Kalimantan Selatan menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional untuk membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya. Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini akan menjadi lokomotif (perekonomian) Kalimantan Selatan selain sumber daya alam yang selama ini telah menjadi lokomotif,” katanya.

Gubernur Sahbirin Noor menyambut baik kedatangan Menparekraf Sandiaga dan berharap dapat bersinergi dengan Kemenparekraf untuk membangkitkan sektor parekraf di Banua.

“Kehadiran Pak Menteri diharapkan menjadi kebangkitan bagi pariwisata Kalsel,” ujar Paman Birin.(bim)