PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

Gubernur Khofifah Berkantor di Lumajang, Kawal Penanganan Bencana Semeru

Gubernur Khofifah bencana Gunung Semeru
Gubernur Khofifah bertemu warga di pengungsian bencana guguran awan panas Gunung Semeru.(Humas Pemprov Jatim)

Lumajang, pmp – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memilih berkantor di Kabupaten Lumajang untuk mengawal upaya penanganan bencana guguran awan panas Gunung Semeru.

“Seluruh tugas saya kerjakan dari Lumajang. Beberapa agenda saya minta Pak Wagub mewakili. Penanganan bencana Semeru  ini menjadi prioritas, utamanya search and rescue (pencarian dan penyelamatan). Termasuk yang berkaitan kebutuhan para pengungsi, semua di bawah koordinasi  BNPB. Pemprov Jatim dan Pemkab Lumajang akan memaksimalkan layanan masyarakat terdampak bencana,” kata Khofifah di Lumajang, Minggu (5/12/2021).

Keputusan diambil Khofifah setelah melihat luasnya dampak letusan Gunung Semeru di Kecamatan Candipuro, yaitu Dusun Kampung Renteng, Dusun Kamar Kajang, Desa Sumber Mujur, Desa Sumberwuluh, Desa Penanggal dan Desa Sumber Rejo.

Sedangkan di Kecamatan Pronojiwo yang terdampak adalah Desa Supiturang, Desa Sumber Urip dan Desa Oro-Oro Ombo. Di mana sejumlah rumah warga  tertimbun material vulkanik gunung api tertinggi di Pulau Jawa dengan tinggi 2.676 mdpl.

Baca Juga :   Khofifah Sebut Harlah ke-95 NU Momentum Teguhkan Komitmen Kebangsaan

Selain itu akses jalan dari pusat pemerintahan dan perekonomian Kabupaten Lumajang ke Kecamatan Pronojiwo juga terputus akibat ambruknya jembatan Gladak Perak.

“Saya ingin memastikan konsolidasi data dan koordinasi pencarian, penyelamatan, evakuasi dan penanganan pengungsi berjalan efektif dan semoga tidak ada yang terlewat. Mengingat bencana ini dialami warga Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro dan jembatan Gladak Perak putus, maka penangan dibagi dua titik di masing-masing kecamatan. Semua kebutuhan dasar warga kita ihtiarkan agar  tersedia. Makanan, minuman, pakaian, obat-obatan sebisa mungkin terpenuhi,” tambahnya.

Khofifah berkantor di Lumajang agar koordinasi antarstakeholder penanganan kegawatdaruratan bencana Gunung Semeru jauh lebih cepat.

Terjunkan Tim Trauma Healing

Sesampai di Lumajang bersama Kepala BNPB, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan jajaran pemerintah Kabupaten Lumajang di Kantor Kecamatan Pasiran.

Baca Juga :   Libur Imlek Khofifah Larang ASN Pemprov Jatim Bepergian Luar Daerah

Terkait banyaknya rumah warga yang rusak dan hancur akibat guguran awan panas, Gubernur Khofifah mengatakan Pemprov Jatim akan berkoordinasi dengan BNPB dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait langkah-langkah penanganan jangka pendek dan panjang. Termasuk sejumlah ruas jembatan yang runtuh akibat lahar dingin Gunung Semeru.

“Bantuan dari BNPB, PUPR dan TNI terkait penanganan jangka pendek sudah berdatangan sejak semalam. Insyaallah penanganan bencana erupsi ini bisa berjalan dengan baik. Menko PMK juga terus aktif berkoordinasi terkait apa-apa saja yang dibutuhkan Jawa Timur,” imbuhnya.

Secara khusus Gubernur Jawa Timur menyampaikan terimakasih kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa yang melakukan kunjungan sekaligus mengirim berbagai alat berat untuk kecamatan Candipuro dan Pronojiwo.

Terkait pengungsi, selain memenuhi kebutuhan dasar, Pemprov Jatim juga mengerahkan tim trauma healing guna menghilangkan rasa trauma pengungsi dengan sasaran utama perempuan, anak-anak, dan lansia.

Baca Juga :   Terima Kasih Pak Ganjar, Pemprov Jatim Terima Bantuan buat Korban Terdampak Gempa Malang

“Anak-anak di pengungsian akan didampingi dengan memberikan hiburan kepada mereka. Dari awal terjadinya bencana saya sudah perintahkan agar tim psikososial segera melakukan assessment terhadap anak-anak,” tuturnya.

Pemprov Jatim juga telah mengirimkan ratusan paket bantuan ke Kabupaten Lumajang berupa beras, lauk pauk, tambah gizi, selimut, family kids, baju anak-anak, dan sembako. Bantuan lain berupa terpal, kantong mayat, pampers, masker kain, masker medis, sandang, air, biskuit bayi, minyak telon, minyak kayu putih dan suplemen.

Selain itu juga dikirimkan trail, chainsaw, tenda pengungsi, tenda posko, genset, light tower, velbed, sleeping bag, police line, cangkul, sekrop, kabel, jurigen, sepatu boot, kacamata google, toolkit, helm dan antena tower hidrolis.(hps)