PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksSehat CantikTren

Kemenaker Gelar Pemeriksaan IVA Pekerja Perempuan Sido Muncul

Menaker Ida Fauziyah didampingi Dirut Sido Muncul David Hidayat meninjau pemeriksaan IVA tenaga kerja perempuan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (Humas Sido Mucul)

Semarang, PMP – Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia bekerjasama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Maju (OASE) melakukan program aksi peningkatan kesehatan tenaga kerja perempuan dalam pencegahan dan deteksi dini kanker pada tenaga kerja perempuan di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, Kementerian Ketenagakerjaan melakukan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) kepada para tenaga kerja perempuan di PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk.

Pemeriksaan IVA dilakukan di Kawasan Agro Wisata Pabrik Sido Muncul, Bergas, Semarang pada tanggal 8-10 Februari 2022, dengan disiapkan beberapa bilik khusus untuk pemeriksaan.

Jumlah karyawan yang mengikuti pemeriksaan IVA sebanyak 500 pekerja perempuan dengan jadwal yang dibuat secara terpisah agar tidak terjadi kerumunan dikarenakan situasi pandemi covid saat ini.

Baca Juga :   Unik dan Kreatif, Gunakan Saham Sido Muncul Jadi Mahar Pernikahan

Adapun pembagian jumlah pesertanya adalah 250 dihari pertama, 200 dihari kedua, dan 50 peserta dihari ketiga. Pemeriksaan akan dilakukan oleh tim medis dari Direktorat Bina Pengujian K3.

Penutupan pelaksanaan pemeriksaan IVA, pada Kamis, (10/2/2022) dihadiri oleh Menteri Tenaga Kerja Indonesia Ida Fauziyah, Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan  Kesehatan Kerja Hayani Rumondang, Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktifitas Budi Hartawan, Direktur Bina Pengujian K3 Muhammad Idham, Direktur Utama PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk David Hidayat, Wakil Bupati Semarang Basari, Kadisnaker dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah Satinah, serta para pejabat terkait lainnya.

Direktur Utama PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, David Hidayat menyambut baik dengan adanya kegiatan dari Kementerian Ketenagakerjaan pada program aksi peningkatan kesehatan untuk para pekerja perempuan dalam mencegah kanker.

Baca Juga :   SheHacks Indosat Ooredoo Serahkan Donasi untuk Bantu Wanita Lawan Kanker Serviks

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dengan diberikannya kesempatan kepada seluruh karyawan perempuan yang ada di perusahaan kami untuk melakukan pemeriksaan IVA”, ujar David Hidayat.

David mengatakan perusahaan sangat mendukung dengan apa yang dilakukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan bersama OASE dalam membantu pencegahan dan deteksi dini kanker pada para pekerja perempuan.

“Upaya  ini sangat membantu apabila terdeteksi lebih dini akan lebih baik dalam pengobatan atau penyembuhannya,”  tambah David Hidayat.

Sido Muncul adalah produsen jamu terbesar dan termodern di Indonesia dengan pangsa terbesar untuk kategori produk jamu tradisional yang memiliki 300 jenis produk dan berpengalaman lebih dari 70 tahun di industri jamu dengan jumlah tenaga kerjanya saat ini lebih dari 4.500 karyawan. (nas)