PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Jalan-jalan Tren

Peringati Bulan K3 Nasional, Pertamina Tanam 1000 Mangrove Dukung Pelestarian Lingkungan Kota Surabaya

Surabaya, PMP – PT Pertamina Patra Niaga melalui Pertamina Integrated Terminal Surabaya bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya menanam 1.000 pohon  mangrove di Kawasan Mangrove Romokalisari Adventure Land, Kota Surabaya.

Kegiatan penanaman mangrove di 20 hektar luasan area di Kawasan Mangrove Romokalisari Adventure Land pada Selasa (17/1/2023) sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam pelestarian lingkungan hidup.

Turut hadir dalam kegiatan penanaman mulai dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Camat Benowo, Lurah Romokalisari serta masyarakat sekitar.

Seribu bibit mangrove ini sendiri didapat langsung dari teman-teman petani mangrove di Surabaya. Pelaksanaan penanaman mangrove ini melibatkan lima KUB Romokalisari yang terdiri dari nelayan dan masyarakat sekitar Romokalisari sebanyak 30 orang.

Baca Juga :   Pertamina Jamin Pasokan BBM dan LPG Selama Pilkada Serentak

Gema Ramadhan, Integrated Terminal Manager Pertamina Integrated Terminal Surabaya mengungkapkan kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan CSR Pertamina sebagai upaya pemenuhan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan.

Selain sebagai bentuk kegiatan CSR perusahaan, kegiatan penanaman mangrove hari ini juga merupakan sebagai peringatan bulan K3 Nasional yang jatuh pada tanggal 12 Januari 2023.

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen kami dalam upaya membantu pelestarian lingkungan hidup di Kota Surabaya. Harapan kami, masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga bibit mangrove ini dan dapat bertumbuh kembang seperti yang diharapkan serta mendukung kelestarian lingkungan hidup di Kota Surabaya”, terangnya.

Senada dengan Interated Terminal Manager Pertamina Integrated Terminal Surabaya, Ayu Mustika Dewi, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur menyambut baik kegiatan ini.

Baca Juga :   PLN Tanam 5000 Bibit Mangrove di Teluk Pangpang Banyuwangi

“Kegiatan penanaman mangrove seperti ini sangat positif dan bermanfaat. Dampak yang dirasakan dapat berkepanjangan bagi kelestarian lingkungan dan sangat bermanfaat untuk anak cucu kita nanti di masa depan”, ungkapnya.

Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deden Mochammad Idhani menjelaskan pelaksanaan program TJSL Pertamina sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs). Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan.

Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program TJSL terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.

“Kami berharap semoga dengan adanya kegiatan penanaman mangrove ini dapat bermanfaat untuk menahan abrasi laut dan mengurangi emisi karbon. Selain itu dengan penambahan mangrove juga dapat meningkatkan kunjungan wisata di Kawasan Mangrove Romokalisari Adventure Land sehingga masyarakat di sekitar juga dapat ikut terbantu dengan adanya program ini,” kata Deden. (nas)

Baca Juga :   Konsumsi Pertalite dan Biosolar Naik, Pertamina Optimalkan Penyaluran ke SPBU di Jatim