PenaMerahPutih.com
EkbisHeadlineIndeksMikro

Komitmen Bank Jatim Terhadap UMKM Binaan dalam Kegiatan Misi Dagang

Dirut Bank Jatim busrul Iman kunjungi stand umkm binaan bank jatim yang ikut misi dagang Pemprov Jatim ker Bengkulu. (bankjatim)

Bengkulu, PMP – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau bankjatim turut serta mendukung program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur yang kembali melaksanakan misi dagang dan investasi di Bengkulu, dengan  tema Meningkatkan Jejaring Konektivitas Antara Provinsi Jawa Timur dengan Provinsi Bengkulu.

kegiatan misi dagang dan investasi ini dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Sekretaris Daerah Bengkulu Hamkah Sabri,  Direktur Utama bankjatim Busrul Iman, Kepala OPD Jawa Timur dan Bengkulu serta Pimpinan BUMD Jawa Timur lainnya di Hotel Grage Bengkulu, Senin (3/7/2023).

Bentuk support bankjatim dalam kegiatan misi dagang ini dengan mengikutsertakan tiga UMKM binaannya demi memperluas pasar. Ketiga UMKM tersebut yaitu Rotanku dan Prama Art (dari Surabaya), Serta Rumah Kinasih (dari Blitar)

Baca Juga :   Bank Jatim Bantu Perbaikan 10 Rumah Tidak Layak Huni di Bondowoso

Busrul Iman menjelaskan, sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jawa Timur, bankjatim berkomitmen akan selalu hadir dalam mendukung dan memberikan solusi bagi perkembangan UMKM. “Keikutsertaan Misi Dagang selama ini menjadi bentuk komitmen bankjatim yang tidak hanya support di bidang pendanaan, tetapi juga menghadirkan solusi bagi perkembangan UMKM di Jawa Timur baik pada sisi promosi maupun akses pasar. Karena itu, kami fasilitasi UMKM binaan bankjatim untuk ikut misi dagang di Bengkulu kali ini,” paparnya.

Busrul Iman menambahkan, kualitas UMKM kita harus terus ditingkatkan, UMKM wajib naik kelas, sehingga bukan hanya menjadi jawara di daerah tetapi juga berkontribusi secara nasional dan bersaing secara global”, terang Busrul.

Baca Juga :   Bank Jatim Boyong Dua Penghargaan di Ajang TOP GRC Awards 2023

UMKM binaan bankjatim juga didorong untuk melek teknologi digital. Salah satu caranya dengan memfasilitasi transaksi menggunakan QRIS bankjatim.

Dengan QRIS, pembeli dan pedagang bisa dengan mudah berinteraksi dalam melakukan transaksi keuangan. Sehingga diharapkan laju perdagangannya bisa semakin meningkat.

“Maka dari itu, UMKM yang kami bawa ke Bengkulu ini juga sudah memanfaatkan QRIS bankjatim dalam melakukan transaksi pembayaran dengan pembeli. Praktis dan cepat tinggal scan QR code,” ungkap Busrul.

Tercatat transaksi misi dagang antara Jawa Timur dengan Bengkulu hari ini mencapai Rp. 192 Miliar.

Dalam Sambutannya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan banyak hal yang bisa digali dalam kerjasama antar daerah dengan Provinsi Bengkulu.

Baca Juga :   Bank Jatim Raih Best Public Relations di Ajang IPRA 2024

“Ada banyak potensi yang ditemukenali, dipertajam kemudian diidentifikasi secara detail di sektor  apa saja yang bisa dikerjasamakan antara Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Jatim,” ujar Khofifah.

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan gerbang utama dalam menjalin kerja sama antar daerah. Kemudian Ia mengaku senang dengan adanya kerja sama antara Provinsi Bengkulu dengan Provinsi Jawa Timur.

Hamka juga menambahkan bahwa kegiatan tersebut merupakan penguatan dan menjadi instrumen kekuatan nasional.

“Terlebih jika kerjasama tersebut dilakukan oleh setiap daerah di Indonesia, sehingga membantu mempertahankan ketahanan perekonomian,” kata Hamka.(nas)