PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Polkam

Kepolisian Minneapolis AS Bakal Dibubarkan, Buntut Kematian George Floyd

Minneapolis Police versus George Floyd
Polisi Minneapolis hadapi pengunjuk rasa antirasialisme. Insert: Derek Chauvin tekan leher George Floyd. (Reuters/Eric Miller)

Jakarta, PMP – Kepolisian Minneapolis bakal dibubarkan sebagai buntut kematian warga kulit hitam George Floyd  oleh empat oknum polisi kulit putih. Rencana pembubaran didukung sembilan dari 13 anggota Dewan Kota Minneapolis AS.

Kesembilan anggota Dewan Kota itu, sebelumnya turut menghadiri unjuk rasa antirasialisme akibat kematian Floyd (46) yang lehernya  ditekan dengan lutut ke aspal selama hampir 9 menit hingga menyebabkan kematian oleh Derek Chauvin. Presiden Dewan Kota Minneapolis, Lisa Bender,  seperti dikutip AFP dan Associated Press, merupakan salah satu yang ikut berunjuk rasa di taman setempat pada Minggu (7/6/2020).

Aksi unjuk rasa antirasialisme tak hanya terjadi di Minneapolis, tapi juga di berbagai kota di AS, bahkan di depan Gedung Putih kediaman dan kantor Presiden  Donald Trump di Washington DC. Para pengunjuk rasa mengusung jargon Black Lives Matter atau Nyawa Orang Kulit Hitam Penting.

Baca Juga :   Para Senior Militer AS Kecam Trump, Kepresidenan Alami Krisis Eksistensi

Baca juga: Para Senior Militer AS Kecam Trump, Kepresidenan Krisis Eksistensi

Lisa Bender saat unjuk rasa menyatakan komitmennya bersama 8 anggota lainnya untuk mengakhiri hidup kepolisian di Minneapolis dan bakal menciptakan ulang sistem yang benar-benar menjaga masyarakat tetap aman.

“Jelas bahwa sistem kepolisian kita tidak menjaga masyarakat tetap aman. Upaya kita untuk melakukan reformasi tambahan telah gagal, titik!” tegas Bender saat itu.

Saat diwawancarai CNN, Bender kembali menegaskan komitmen tersebut. Dia bahkan mempertegas bahwa sembilan dari 13 anggota Dewan Kota Minneapolis memiliki hak veto mayoritas atas upaya pembubaran tersebut.

“Kami berkomitmen untuk membubarkan kepolisian yang kita kenal di kota Minneapolis dan membangunnya kembali bersama masyarakat. Sebuah model baru yang berorientasi keselamatan publik dan benar-benar menjaga masyarakat tetap aman,” tegas Bender.

Baca Juga :   Punggung Rayshard Brooks Ditembus Dua Timah Panas Polisi Atlanta

Saat ditanya detail rencana pembubaran Kepolisian Minneapolis, Bender menyatakan pihaknya akan mengalihkan anggaran bagi kepolisian untuk kebutuhan lain, serta memulai diskusi bagaimana menggantikan kepolisian yang ada saat ini.

Pembubaran seluruh departemen kepolisian di sebuah kota di AS pernah terjadi sebelumnya. Menurut Associated Press, pembubaran pernah terjadi di Camden, New Jersey pada tahun 2012. Departemen Kepolisian Camden dibubarkan dan diganti dengan satuan baru yang mencakup Camden County. Hal serupa terjadi di Compton, California, tahun 2000, di mana berujung pengalihan satuan kepolisian ke Los Angeles County.(bim)