PenaMerahPutih.com
HeadlineIndeksTren

Perancis vs Swiss : Malam Sulit buat Sang Juara Dunia

Perancis vs Swiss
Tak ada tekanan untuk menjungkalkan sang juara dunia justru membuat Swiss bermain lebih lepas.(uefa.com)

Jakarta, pmp – Sang juara dunia Perancis dipercaya banyak orang bakal tak terbendung mengandaskan Swiss pada laga 16 besar EURO 2020 di Bucharest pada Selasa 02.00 WIb (29/6/2021). Sebagai pemuncak grup F di atas Jerman, Portugal dan Hungaria, Les Bleus masih menunjukkan tajinya.

Perancis memang masih bisa diharapkan bakal memberi sajian sangat layak dengan Paul Pogba di tengah, serta dua bomber Kylian Mbappé dan Karim Benzema yang baru saja menceploskan 2 gol saat melawan Portugal di laga pamungkas grup neraka.

Namun Swiss tentu bakal tetap memberi perlawanan maksimal dengan dirigen gelandang berbakat Xherdan Shaqiri. Tanpa ada kewajiban menjungkalkan sang juara dunia, suasana latihan menjadi cerah karena tampaknya mereka memiliki rencana permainan yang setidaknya bakal memberi Perancis malam yang sangat sulit.

Baca Juga :   Wales vs Denmark : Bantai Rusia Pengalaman Mahal Dinamit Jalani Laga Hidup Mati

Didier Deschamps (52), pelatih Perancis, menilai The A-Team julukan Swiss sebagai tim yang terstruktur baik dan memiliki potensi serangan yang bagus dengan Haris Seferovi, Breel Embolo dan Xherdan Shaqiri.

“Kami tidak boleh meremehkan mereka dan ini adalah pertandingan sistem gugur. Jadi kami harus melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan kami tersenyum di akhir pertandingan,” kata Deschamps.

Hal senada disampaikan Presnel Kimpembe, bek Perancis.

“Kami tidak boleh membuat kesalahan jika tidak ingin berakhir. Kami tidak melihat diri kami sebagai favorit. Kami akan menghadapi pertandingan babak 16 besar melawan Swiss dengan sangat serius karena mereka tidak akan membuat segalanya mudah bagi kami,” kata Kimpembe.

Baca Juga :   Swiss vs Spanyol : Lawan Tanpa Xhaka, Matador Berpeluang Pesta Gol Lagi

Sementara Vladimir Petkovic (57), pelatih Swiss, mengatakan mereka hanya memiliki satu tujuan : bermain bagus melawan Perancis dan mencoba lolos ke babak selanjutnya.

Breel Embolo yang disebut Deschamps menekankan permainan kolektif sebagai sebuah tim.

“Bagi saya pribadi tidak masalah mencetak gol atau tidak yang penting kami lolos ke babak berikutnya. Kami memiliki tim yang sangat bagus dan laga ini tentang kerja tim,” kata Embolo.

Bek Swiss Ricardo Rodriguez justru mengaku senang tak diunggulkan saat melawan Les Bleus.

“Kami harus selalu fokus dan menciptakan peluang. Semua orang berpikir bahwa Perancis akan menang dan mungkin itu keuntungan bagi kami. Kami tidak akan memiliki banyak peluang, tetapi ketika kami memilikinya, kami harus mencetak gol,” tegasnya.

Baca Juga :   Top Skor, Top Assists dan Sprinter Tercepat EURO 2020 Jelang Delapan Besar

Kapten Swiss Granit Xhaka menunjukkan hormat buat calon lawannya,

“Besok adalah malam yang besar bagi kami dan seluruh masyarakat Swiss. Kami perlu berhati-hati melawan Perancis karena mereka memiliki pemain kelas dunia. Kami ingin dinamis dan menunjukkan kekuatan kami,” kata Xhaka.(bim)

Prediksi line-up :

Perancis (3-5-2) : Lloris; Varane, Lenglet, Kimpembe; Pavard, Pogba, Kante, Griezmann, Rabiot; Mbappe, Benzema.

Swiss (3-4-1-2) : Sommer; Elvedi, Akanji, Rodríguez; Widmer, Freuler, Xhaka, Zuber; Syaqiri; Embolo, Seferovi.