PenaMerahPutih.com
Headline Indeks Nusantara

BPJS Kesehatan Tetap Layani Masyarakat Selama Libur Lebaran 2022

Kantor BPJS Kesehatan melayani masyarakat selama libur Lebaran 2022.

Surabaya, PMP – BPJS Kesehatan tetap membuka layanan kepada masyarakat pada tanggal 29 April dan tanggal 4 – 6 Mei 2022.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Surabaya, Wiedho Widiantoro menyatakan pelayanan di kantor BPJS Kesehatan tetap akan dibuka selama cuti bersama dengan menyediakan petugas piket.

“Pelayanan di kantor BPJS Kesehatan akan tetap berjalan dari pukul 08.00-12.00 dengan pembatasan, baik jumlah peserta yang dilayani maupun waktu pelayanan,” papar Wiedho di Surabaya, Senin (25/4/2022).

Adapun peserta yang bisa mendapatkan layanan terbatas pada 4 segmen yaitu Penerima Bantuan Iuran (PBI), Penerima Bantuan Iuran dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Peserta Mandiri perorangan kelas 3 dan Pensiunan.

Baca Juga :   BPJS Kesehatan Gencarkan Sosialisasi Skrining Riwayat Kesehatan Melalui Mobile JKN

“Bagi masyarakat diluar 4 segmen tersebut, yang membutuhkan bantuan layanan BPJS Kesehatan akan tetap dilayani bila melakukannya melalui kanal online yang dimiliki BPJS Kesehatan. Layanan Pandawa juga akan tetap aktif di nomor 08118165165,” tutur Wiedho.

Selain Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa), kanal online yang dimaksud adalah aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Whatsapp Chat Asistant JKN (CHIKA) di nomor 08118750400, Facebook Messenger BPJS Kesehatan dan Telegram (@BPJSKes_bot).

Melalui kanal – kanal tersebut peserta JKN dapat mengakses pelayanan administrasi, informasi dan pengaduan dengan lebih mudah.

“Sementara untuk petugas BPJS Kesehatan yang ada di fasilitas kesehatan (BPJS SATU!), tidak ada perubahan dan tetap bertugas, karena komunikasinya dilakukan melalui WhatsApp (WA). Bahkan sudah ada WA grup khusus yang akan memudahkan koordinasi,” kata Wiedho.

Baca Juga :   BPJS Satu FKTP Sigap Tangani Aduan Peserta JKN

Hingga saat ini, jumlah peserta JKN di Kota Surabaya telah mencapai 96% dari total jumlah penduduk 2,9 juta jiwa. Untuk melayani peserta JKN sendiri, BPJS Kesehatan Cabang Surabaya telah bekerja sama dengan 8 klinik utama dan 42 Rumah Sakit yang tersebar diseluruh wilayah Kota Surabaya.(nas)